Analisis Perubahan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di SMA Pawyatan Daha Kediri)

Wahyuningrum, Dyah Octaviana (2023) Analisis Perubahan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di SMA Pawyatan Daha Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107819_prabab.pdf

Download (535kB)
[img] Text
932107819_bab1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932107819_bab2.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932107819_bab3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
932107819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
932107819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
932107819_bab6.pdf

Download (142kB)
[img] Text
932107819_daftarpustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932107819_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932107819_sp.pdf

Download (356kB)

Abstract

DYAH OCTAVIANA WAHYUNINGRUM, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I, dan Intan Nuyulis Naeni P, M.Pd.I. Analisis Perubahan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Kasus di SMA Pawyatan Daha Kediri), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Perubahan Karakter, Peserta Didik. Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus menjadi kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Penguatan projek profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Pawyatan Daha Kediri dan (2) Untuk mengetahui perubahan karakter peserta didik melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Pawyatan Daha Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, tim projek dan perwakilan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta tahap akhirnya adalah pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Pawyatan Daha Kediri berjalan dengan baik. Dengan mengangkat tema “Suara Demokrasi” dan menerapkan 4 dimensi profil pelajar pancasila yakni Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong royong dan Bernalar kritis. (2) Perubahan karakter peserta didik melalui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan pengaruh pada 3 aspek yakni Konsep Moral (Moral Knowing), Sikap Moral (Moral Feeling), dan Perilaku Moral (Moral Behavior). Peserta didik di SMA Pawyatan Daha Kediri memiliki karakter yang lebih baik lagi melalui implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dyah Octviana Wahyuningrum
Date Deposited: 25 Jul 2023 02:34
Last Modified: 27 Jul 2023 02:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9258

Actions (login required)

View Item View Item