Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022

Laila, Febriola (2022) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607018_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932607018_BAB VI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
932607018_sp.pdf

Download (334kB)

Abstract

Salah satu untuk memperlancar proses pembelajaran, pendidik harus menggunakan media pembelajaran yang tepat saat proses belajar mengajar. Karena media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan. Sehingga membantu mengatasi gangguan-gangguan yang terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat belajar. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa dan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif statistik deskriptif dengan desain quasi experiment. Penelitian dilakukan di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode angket. Populasi penelitian ini adalah 123 siswa kelas V MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa yang terdiri dari kelas V-A sebagai kelas Eksperimen yang jumlah siswanya 33 dan kelas V-C sebagai kelas Kontrol memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 33. Adapun hasil uji validitas instrumen dikatakan valid jika nilai rhitung > rtabel yaitu 0,465 > 0,355. Untuk reliabilitas dengan nilai 0,826 > 0,6. Maka angket dikatakan reliabel. Selanjutnya peneliti melakukan uji normalitas terlebih dahulu. Setelah data penelitian berdistribusi normal peneliti melanjutkan analisis data dengan menggunakan uji independent sampel t-test menggunakan IBM SPSS versi 20. Diketahui bahwa nilai Signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh penggunaan media video sebagai media pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitiian ini mengungkapkan pembelajaran dengan menggunakan media video berpengaruh atau dapat mencapai target untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi zat tunggal dan campuran kelas V di MI Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laila Febriola Milenia
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:01
Last Modified: 27 Jul 2023 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9238

Actions (login required)

View Item View Item