Kewirausahaan Digital Perspektif Hadis

Sari, Ratna Silvia (2023) Kewirausahaan Digital Perspektif Hadis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933203319_prabab.pdf

Download (455kB)
[img] Text
933203319_bab1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
933203319_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
933203319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
933203319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
933203319_bab5.pdf

Download (110kB)
[img] Text
933203319_daftar_pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
933203319_sp.pdf

Download (378kB)

Abstract

Masalah ekonomi menjadi masalah yang penting, salah satu upaya untuk meningkatkannya dengan berwirausaha yang sesuai prinsip-prinsip yang telah diajarkan Rasulullah Saw. Kewirausahaan merupakan salah satu solusi yang tepat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan serta mengurangi angka pengangguran di berbagai negara. Selain itu, adanya perkembangan zaman menuntut seseorang untuk berfikir kreatif dan inovatif salah satunya dengan membuka suatu usaha yang berbasis digital. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif atau library research. Sehingga, sumber data yang digunakan ialah buku, kitab, jurnal, skripsi, artikel, dan sebagainya yang mendukung tema penelitian ini. Metode yang digunakan ialah metode maudhū'ī atau mengumpulkan hadis-hadis yang setema. Dari terkumpulnya hadis-hadis tersebut penulis menganalisis tentang prinsip-prinsip kewirausahaan digital dan analisis digital pada masa Rasulullah Saw. Dari proses analisis, penulis menemukan bahwa kewirausahaan digital perspektif hadis merupakan suatu jalan untuk meningkatkan motivasi bekerja dalam memperbaiki kondisi perekonomian dengan prinsip yang sesuai ajaran agama. Adapun prinsip berwirausaha dalam Islam meliputi pertama, prinsip etos kerja mandiri dalam hadis riwayat Ahmad tentang didahulukannya usaha tangan, hadis tersebut menunjukkan bahwa usaha dengan mangandalkan kemampuan sendiri itulah yang paling utama. Kedua, prinsip kejujuran dalam hadis riwayat Bukhari tentang sebuah kejujuran, ketika kejujuran tidak diterapkan maka tidak akan ada keberkahan di dalamnya. Ketiga, prinsip transparansi dalam hadis riwayat Ahmad tentang larangan jual beli gharar yang di dalamnya mengandung unsur ketidakjelasan, pertaruhan atau perjudian. Keempat, prinsip amanah dalam hadis riwayat Ahmad, tentang sebuah pentingnya amanah atau sikap dapat percaya dalam berwirausaha, misalnya melarang menjual barang yang telah dipesan orang lain. Kelima, sistem pesanan dalam hadis riwayat Bukhari yang secara tidak langsung melegalkan adanya sistem pesanan dalam jual beli, mengingat sistem ini sudah dipraktikkan di masa Rasulullah Saw. Menurut teori Zimmerer, ada delapan faktor yang mendorong pertumbuhan kewirausahaan, di antaranya melalui kemajuan teknologi. Digitalisasi akan mempermudah proses transaksi, efektivitas waktu, dan mengetahui bahwa analogi digitalisasi atau virtual dapat dianalisis dari hadis Isra>’ Mi’ra>j.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Hadits
Depositing User: Ratna Silvia Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:38
Last Modified: 08 Dec 2023 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9231

Actions (login required)

View Item View Item