Pendidikan Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern

Arum Dati, Putri Nurlaili (2023) Pendidikan Karakter Dalam Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103819_prabab.pdf

Download (929kB)
[img] Text
932103819_bab1.pdf

Download (720kB)
[img] Text
932103819_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
932103819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
932103819_bab4.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932103819_daftarpustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932103819_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena sosial yang menunjukan perilaku yang tidak berkarakter. Film jembatan pensil menggambarkan tentang berbagai macam bentuk nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan diantaranya: religius, jujur, toleransi, kreatif, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab. pendidikan modern adalah cara-cara belajar yang sesuai dengan tuntutan era kekinian, untuk dapat dipersiapkan anak didik pada masanya. Berkaitan dengan pengertian pendidikan modern, dikaitkan dengan tujuan pendidikan. Pendidikan modern berlaku bagi hidup untuk menumbuhkan, memupuk, mengembangkan, memelihara dan mempertahankan tujuan pendidikan yang telah dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pendidikan Karakter dalam Film Jembatan Pensil karya Hasto Broto dan Relevansinya terhadap Pendidikan Modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) karena data yang di teliti berupa naskah-naskah, buku-buku, atau majalah-majalah yang bersumber dari khasanah kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yang memerlukan sumber data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data pokok yang menjadi inti pembahasan, dalam penelitian ini menggunakan vidio film Jembatan Pensil (mencatat menyimak dialog) dan data sekunder berupa buku, jurnal, yang berkaitan dengan pendidikan karakter dalam film jembatan pensil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Jembatan Pensil antara lain: Pertama, nilai karakter dalam hubungannya dengan Allah SWT (Religius) yang meliputi, beriman kepada Allah SWT, sabar, dan ikhlas. Kedua, nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yang meliputi, pemberani, kerja keras, dan cinta ilmu. Ketiga, nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama yang meliputi, menghormati dan menghargai karya orang lain, suka menolong, dan peduli. Untuk mensukseskan pendidikan berbasis karakter, maka perlu sinergitas antara guru dan orang tua dalam mendidik anak, guru dan orang tua harus sama-sama berbagi tugas untuk membentuk karakter anak. Pendidikan karakter menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Terlebih di era modern saat ini, dengan pendidikan modern manusia dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih dan maju. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Nurlaili Arum Dati
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:44
Last Modified: 24 Jul 2023 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9227

Actions (login required)

View Item View Item