Bakhtiar, M. Ulfi (2014) Upaya Guru Menanamkan Nilai Kejujuran Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932105310 pra.pdf Download (317kB) |
|
Text
932105310 BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text
932105310 BAB II.pdf Download (281kB) |
|
Text
932105310 BAB III.pdf Download (276kB) |
|
Text
932105310 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text
932105310 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text
932105310 BAB VI.pdf Download (34kB) |
|
Text
932105310 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
Abstract
Kejujuran merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Penanaman nilai kejujuran sangat fundamental sebagai langkah awal pembentukan generasi karena dengan kejujuran maka akan terbentuk generasi-generasi yang adil dan dapat dipercaya. Dan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kejujuran ini adalah pelajaran akidah akhlak. Berdasarkan permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang: Upaya Guru Menanamkan Nilai Kejujuran Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kepada Siswa di MAN 3 Kediri. Adapun permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah, 1) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk menanamankan nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak kepada siswa di MAN 3 Kediri ? 2) Bagaimanakah manfaat penanaman nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak kepada siswa di MAN 3 Kediri ? 3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak kepada siswa di MAN 3 Kediri ? Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, menggunakan instrumen yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah ingin menggambarkan realitas empiris dibalik sebuah fenomena yang ada secara lebih mendalam, rinci dan tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Upaya guru untuk menanamkan nilai kejujuran dengan cara, mulai menanamkan nilai kejujuran sejak saat MOS, memasukkan nilai kejujuran pada kurikulum sekolah, pengawasan dari pihak sekolah, menggunakan metode kisah dalam pembelajaran, memberikan contoh teladan, pendekatan pembiasaan, membangun kecintaan untuk jujur, membuat pengetahuan moral menjadi tindakan nyata. 2) Manfaat penanaman nilai kejujuran yaitu, menjadikan susana sekolah menjadi damai, menjadikan ketenangan bagi semua pihak, menjadikan semua hal menjadi lebih mudah, menjadikan siswa lebih percaya diri. 3. Faktor pendorong dan penghambat penanaman nilai kejujuran, yang menjadi faktor pendorong yaitu, suasana lingkungan sekolah yang berlandaskan pada nilai kejujuran, proses pembelajaran yang membiasakan untuk jujur, lingkungan yang religius, keteladanan dari lingkungan sekolah. Yang menjadi faktor penghambat penanaman nilai kejujuran adalah, kurangnya sarana penunjang/literatur, latar belakang siswa, pengaruh negatif dari luar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9161 |
Actions (login required)
View Item |