Penerimaan Diri Orang Tua Dengan Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa B "Putra Asih" Kota Kediri

Sugianto, Ricky Leonardo (2022) Penerimaan Diri Orang Tua Dengan Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa B "Putra Asih" Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933413415_prabab.pdf

Download (592kB)
[img] Text
933413415_bab1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
933413415_bab2.pdf

Download (171kB)
[img] Text
933413415_bab3.pdf

Download (126kB)
[img] Text
933413415_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
933413415_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
933413415_bab6.pdf

Download (33kB)
[img] Text
933413415_daftarpustaka.pdf

Download (149kB)
[img] Text
933413415_sp.pdf

Download (330kB)

Abstract

RICKY LEONARDO SUGIANTO, Dosen Pembimbing Dr. Moh. Shofiyul Huda MF, M.Ag. dan Novi Wahyu Winastuti, M.Psi: Penerimaan Diri Orang Tua Dengan Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa B “Putera Asih” Kota Kediri, Program Studi, Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Penerimaan Diri, Orang Tua, Anak Tunarungu Permasalahan psikologi orang tua dengan anak tunarungu biasanya muncul dalam bentuk kurangnya penerimaan dan kepercayaan kepada anak tersebut, baik itu pada lingkungan sosial atau prestasi anak di lingkungan sekolahnya. Padahal penerimaan orang tua ini akan membantu anaknya untuk berkomunikasi terutama di lingkungan keluarga maupun sosialnya. Berdasarkan data di lapangan dan teori yang ada, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai: 1) Bagaimana gambaran penerimaan diri orang tua dengan anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa B “Putera Asih” Kota Kediri? 2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri orang tua dengan anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa B “Putera Asih” Kota Kediri? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa tunarungu kelas 1 di SDLB Putera Asih sebanyak 5 orang. Pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa 1) Subjek penelitian sudah bisa menerima kondisi anaknya, meskipun pada awalnya mereka memiliki perasaan negatif seperti ketakutan dan kecemasan. Bentuk penyampaian penerimaan pun berbeda-beda pada tiap subjek, ada yang sering mencium, mengelus, menemani atau mengikutkan kursus. Mereka juga mengurus sendiri anak mereka dan memperlakukan anak tunarungu sebagaimana anak biasa meskipun ada beberapa hal yang berbeda seperti adanya fasilitas khusus dan terapi. 2) Mengenai faktor yang mempengaruhi penerimaan, terlihat dari subjek penelitian, faktor budaya pola asuh anak serta dukungan dari orang sekitar terutama keluarga sangat penting bagi penerimaan diri. Selain itu, dengan melihat kemauan dan kemampuan anak menerima dirinya dan beradaptasi dengan lingkungan sosial juga dapat menumbuhkan penerimaan pada orang tua sehingga mereka menganggap anak mereka layak tumbuh dan berkembang seperti anak lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: RICKY LEONARDO SUGIANTO
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:05
Last Modified: 27 Jul 2023 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9158

Actions (login required)

View Item View Item