Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii B Di SMP Negeri 1 Gampengrejo

Fatikasari, Friska (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii B Di SMP Negeri 1 Gampengrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111419_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932111419_Bab1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932111419_Bab2.pdf

Download (599kB)
[img] Text
932111419_Bab3.pdf

Download (683kB)
[img] Text
932111419_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
932111419_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
932111419_Bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
932111419_DaftarPustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932111419_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK FRISKA FATIKASARI, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Hj. Munifah M. Pd dan Dr. Hj. Najahah, M. Ag., Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII- B Di SMP Negeri 1 Gampengrejo, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci:Strategi Pembelajaran Inquiry Learning, hasil belajar, PAI. Pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Banyak perhatian khusus diarahkan kepada perkembangan dan kemajuan pendidikan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Al Khula’ul Ar Rasyidin melalui strategi pembelajaran inquiry learning pada siswa kelas VII-B UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) karena peneliti bertindak secara langsung dalam penelitian, mulai dari awal sampai akhir tindakan., Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Gampengrejo, Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan jumlah siswa 35 anak yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, test, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I tercapai 70,37% kualifikasi Baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 93,94% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Demikian juga aktivitas siswa pada sikus I secara kelomok rata-rata 65,83% kualifikasi Baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 90,00% dengan kualifikasi Amat Baik (A). Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 74,84 pada siklus II meningkat menjadi 82,66. Sedangkan ketuntasan belajar siklus I baru tercapai 57, 14 % (20 siswa) pada siklus II meningkat menjadi 85,72% (30 siswa). Tinggal 5 siswa (14,28%) dinyatakan tidak tuntas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran inquiry learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa antara lain psikologi pendidikan, pedagogic guru, dan sosiologi pendidikan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran inqquiru learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Gampengrejo.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Friska Fatikasari
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:01
Last Modified: 20 Jul 2023 04:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9146

Actions (login required)

View Item View Item