Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film “Ajari Aku Islam” Karya Jaymes Riyanto dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Nafiah, Umi (2023) Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film “Ajari Aku Islam” Karya Jaymes Riyanto dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128119_prabab.pdf

Download (802kB)
[img] Text
932128119_bab1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932128119_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
932128119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
932128119_bab4.pdf

Download (80kB)
[img] Text
932128119_daftarpustaka.pdf

Download (142kB)

Abstract

UMI NAFIAH, Dosen Pembimbing Dr. IWAN MARWAN, M.Hum. dan NURUL DWI LESTARI, M.Pd. Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Film “Ajari Aku Islam” Karya Jaymes Riyanto dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Film, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moderasi beragama yang ada dalam film “Ajari Aku Islam” dan merelevansikannya dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Apa saja nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam film “Ajari Aku Islam” karya Jaymes Riyanto? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai moderasi beragama dalam film “Ajari Aku Islam” karya Jaymes Riyanto dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan yaitu film “Ajari Aku Islam” dan literatur yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pustaka atau dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam film “Ajari Aku Islam” meliputi: tawasuth, tawazun, tasamuh, dan i’tidal. 2) Relevansi nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam film “Ajari Aku Islam” dengan mata pelajaran PAI jenjang SMP diantaranya yaitu: a) Nilai tawasuth relevan dengan materi kelas VII BAB 5 dan materi kelas VIII BAB 6. b) Nilai tawazun relevan dengan materi kelas VII BAB 3 dan materi kelas VIII BAB 4. c) Nilai tasamuh relevan dengan materi kelas VIII BAB 2 dan materi kelas VIII BAB 8. d) Nilai i’tidal relevan dengan materi kelas VII BAB 1 dan materi kelas VII BAB 7.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Nafiah
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:16
Last Modified: 18 Jul 2023 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9136

Actions (login required)

View Item View Item