Kreativitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 3 Mojokerto

Najiha, Awwalin (2023) Kreativitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di MIN 3 Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932407319_prabab.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932407319_bab I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932407319_bab II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932407319_bab III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932407319_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
932407319_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
932407319_bab VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
932407319_daftarpustaka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932407319_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
932407319_sp.pdf

Download (155kB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Islam yang merupakan satuan pendidikan yang harus mampu melaksanakannya dengan baik sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepadanya. Hal ini dimaksudkan agar Lembaga Pendidikan Islam mampu melakukan perubahan dan peningkatan kualitas dalam bidang pendidikannya. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui kreativitas perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, 2) Untuk mengetahui kreativitas pengorganisasian kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, 3) Untuk mengetahui kreativitas pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, 4) Untuk mengetahui kreativitas pengendalian kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulam data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data, sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kreativitas perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan dengan membuat EDM (Evaluasi Diri Madrasah) melalui metode fisrt inquiry, RKAM (Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) disesuaikan dengan melihat dari kegiatan yang memerlukan anggaran dari dana BPOPP, BOS, dan peserta didik, RKM (Rencana Kegiatan Madrasah) disusun berdasarkan ringkasan EDM melalui metode first inquiry, dan membuat IDN (Infra Digital Nusantara) melalui diklat minimal satu semester dua kali dengan biaya dari DIPA MIN 3 Mojokerto maupun uang tunjangan profesi guru minimal 10%. 2) Kreativitas pengorganisasian kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan melalui MoU dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Indonesia resmi dan kerjasama LPMP. 3) Kreativitas pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan mengembangkan mutu guru melalui Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM) dan sarana prasarana melalui pengajuan proposal SBSN pada aplikasi khusus milik Kemenag RI SIMSARPRAS (Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana Madrasah Kemenag RI) yang bekerjasama dengan BAPPENAS. 4) Kreativitas pengendalian kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dilaksanakan dengan monev KKG melalui pengembangan modul-modul diklat, PKKM yang mengevaluasi kinerja kepala madrasah sejauh mana dalam menjalankan empat komponen bagi kemajuaan MIN 3 Mojokerto, dan LKjIP yang melaporkan kinerja tahunan yang berisi pertanggung jawaban kinerja suatu instansi dalam mencapai target atau sasaran strategis yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Awwalin Najiha
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:07
Last Modified: 13 Jul 2023 08:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9095

Actions (login required)

View Item View Item