Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Kitab Kuning Melalui Metode Musyawarah Di Kelas 6 Ibtidaiyah Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo Kediri

Wakit, Muhammad Dul (2023) Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Kitab Kuning Melalui Metode Musyawarah Di Kelas 6 Ibtidaiyah Madrasah Diniyah Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932108019_prabab.pdf

Download (968kB)
[img] Text
932108019_bab1.pdf

Download (496kB)
[img] Text
932108019_bab2.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932108019_bab3.pdf

Download (532kB)
[img] Text
932108019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
932108019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
932108019_bab6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932108019_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932108019_sp.pdf

Download (333kB)

Abstract

Dalam perkembangan zaman kitab kuning yang ada di kalangan Pondok Pesantren sangat diperlukan apalagi kitab kuning adalah sebuah bahan rujukan untuk belajar dikalangan umat islam. Kitab kuning juga salah satu kunci pokok bagi para santri untuk menjawab persoalan yang lagi marak di masyarakat yang masih belum terjawab. Dalam meningkatkan mutu para peserta didik di dalam satuan pendidikan pasti mempunyai suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas siswanya yaitu seperti metode bermusyawarah salah satunya. Salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan metode musyawarah adalah Madrasah Diniyah Haji Ya’qub (MDHY). Dari hal ini terdapat fokus penelitian: 1. Bagaimana metode yang digunakan oleh Madrasah Diniyah haji Ya’qub untuk meningkatkan pemahaman santri mengenai materi kitab kuning? 2.Bagaimana pelaksanaan metode musyawarah untuk meningkatkan pemahaman kitab kuning?. Adapun tujuan peneliti mengambil judul diatas adalah: 1. Untuk mengidentifikasi metode apa yang digunakan Madrasah Diniyah Haji Ya’qub untuk meningkatkan pemahaman santri mengenai materi kitab kuning. 2. Untuk mendeskripsikan seperti apa pelaksanaan metode musyawarah yang digunakan Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub untuk meningkatkan pemahaman santri materi kitab kuning. Metode yang digunakan MDHY ada beberapa yaitu sorogan, musyawarah, bandongan, hafalan. Namun hanya metode musyawarah yang menjadi metode yang dipilih dalam meningkatkan pemahaman santri dan metode musyawarah lebih efisien. Ciri khas dari metode musyawarah yaitu dilakukan sehari 2 kali dan didukung dengan MGS setiap seminggu sekali.Pelaksanaan metode musyawarah yang ada di MDHY dibagi sesuai dengan tugas masing-masing ada yang menjadi Rois, Moderator, dan Musyawirin. Siswa yang sering mengikuti musyawarah akan lebih percaya diri. Dan terdapat faktor yeng mendukung itu semua yaitu dari diri mereka dan dari luar baik itu lingkungan maupun dorongan dari orang lain. Oleh karena itu musyawarah yang ada di MDHY sudah ideal karena sudah memenuhi kreteria pelaksanaan musyawarah dan sudah dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Dul Wakit
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:43
Last Modified: 11 Aug 2023 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9081

Actions (login required)

View Item View Item