Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 5 Bojonegoro

Arilistiani, Wahyu Mei (2023) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932411519_Prabab.pdf

Download (696kB)
[img] Text
932411519_BAB I.pdf

Download (887kB)
[img] Text
932411519_BAB II.pdf

Download (759kB)
[img] Text
932411519_BAB III.pdf

Download (648kB)
[img] Text
932411519_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
932411519_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
932411519_BAB VI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932411519_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932411519_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932411519_Suratpernyataan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh kegiatan pendidikan. Seorang supervisor memiliki tugas yakni melakukan pembinaan serta pengawasan yang berkelanjutan pada para guru untuk pengembangan karir dan kinerja yang lebih baik. Peran kepala sekolah sebagai supervisor dapat berupa memberikan pelatihan, penghargaan, bimbingan, serta pelayanan terkait permasalahan pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor yang mana memiliki fungsi sebagai konsultan dan fasilitator dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kepala Sekolah sebagai konsultan memiliki tugas yang harus dijalankan yaitu membantu penyelesaian permasalahan guru melalui pemberian solusi dan mengambil keputusan.2) Kepala Sekolah sebagai fasilitator dilaksanakan dengan memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan para guru. Salah satu bentuk fasilitas yang diberikan yaitu adanya studio podcast yang digunakan untuk konten pendidikan dan juga sharing ilmu. 3) Faktor Pendukung dan faktor penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu untuk faktor pendukungnya dengan pemberian pelatihan, motivasi, dan media atau sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambatnya berupa manajemen waktu guru yang belum optimal, lingkungan tempat kerja, dan pemberian insentif yang dilakukan tidak sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyu Mei Arilistiani
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:07
Last Modified: 14 Jul 2023 02:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item