Analisis Penerapan Metode At-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Program Tahfidzul Qur'an Kelas V Di MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul

Zachrotul, Ainiyah (2023) Analisis Penerapan Metode At-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Program Tahfidzul Qur'an Kelas V Di MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111319_prabab.pdf

Download (866kB)
[img] Text
932111319_bab1.pdf

Download (803kB)
[img] Text
932111319_bab2.pdf

Download (639kB)
[img] Text
932111319_bab3.pdf

Download (448kB)
[img] Text
932111319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
932111319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
932111319_bab6.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932111319_daftar_pustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932111319_sp.pdf

Download (286kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan pastinya tidak lepas dari suatu metode, dengan adanya metode sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu proses dalam pembelajaran. Macam- macam metode sanagtlah banyak variasinya, salah satunya yaitu metode pembelajaran al-qur’an dengan menggunakan metode at-tartil. MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul ialah salaha satu lembaga pendidikan non formal yang menyuguhkan pendidikan pada al-qur’an dengan menerapkan metode at-tartil serta memiliki santri yang cukup banyak untuk mengikuti program tahfidz dan tentunya juga memiliki kemampuan menghafal yang bervariasi. Metode at-tartil yaitu “pelan dan jelas” sehingga dapat terlihat jelas huruf, sifat dan tajwidnya. Maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian dengan fokus penelitian.(1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran metode at-tartil dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an di MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul?.(2) Faktor apa saja yamg menjadi penghambat dan pendukung kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkatkan menghafal al-qur’an menggunakan metode at-tartil di MI Roudlotut Tholibin Kayen Kidul?. Dalam penelitian ini menggunakan penelitaian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian akan dicek keabsahannya dengan menggunakan tiga langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, kemudian mengambil kesimpulan atau verifikasi. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Dengan dilaksanakannya program Tahfidz dengan menggunakan metode at-Tartil dapat mempelajari al-Quran dengan baik dan benar dan sesuai dengan kaidah tajwid yang sudah ada dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan fashahah yang kurang baik,(2) Faktor pendukung meliputi : adanya minat para siswa dalam belajar menghafal al-Qur’an, sarana dan prasarana yang baik dan komunikasih yang sopan santun antara guru, wali murid, dan Sedangkan dengan faktor penghambat meliputi : kurangnya semangat atau kurangnya minat dari siswa, motivasi dari lingkungan kelurga atau teman, kurangnya disiplin dalam menghafal, sulit dalam membedakan huruf hijaiyah, kurangnya fashahah dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zachrotul Ainiyah
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:52
Last Modified: 13 Jul 2023 06:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item