Penerapan Pemasaran Syari’ah Pada Bisnis Multi Level Marketing Syari’ah (Studi Kasus Di PayTren Jaringan Para Mitra Cerdas Kota Kediri), Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syari’ah IAIN Kediri, 2018.

Yusuf, Al Aqrib (2018) Penerapan Pemasaran Syari’ah Pada Bisnis Multi Level Marketing Syari’ah (Studi Kasus Di PayTren Jaringan Para Mitra Cerdas Kota Kediri), Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syari’ah IAIN Kediri, 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931315613-prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931315613-bab1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
931315613-bab2.pdf

Download (459kB)
[img] Text
931315613-bab3.pdf

Download (177kB)
[img] Text
931315613-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
931315613-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
931315613-bab6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
931315613-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada perubahan anggapan masyarakat tentang Multi Level Marketing Syari’ah yang dahulu dianggap permainan uang menjadi metode penjualan yang menguntungkan semua pihak dengan penerapan pemasaran syari’ah yang dilakukan PayTren Jaringan Para Mitra Cerdas.Dengan strategi pemasaran yang beragam dan dilakukan dengan cermat mampu mendapatkan 2000 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti penerapan pemasaran syari’ah pada bisnis Multi Level Marketing Syari’ah (Studi Kasus di PayTren Jaringan Para Mitra Cerdas Kota Kediri), untuk memaparkan tentang praktik pemasaran dan penerapan pemasaran syari’ah di PayTren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi atau pengamatan, wawancara atau interview dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: praktik pemasaran syari’ah yang diterapkan di PayTren Jaringan Para Mitra Cerdas secara kegunaan atau manfaat ada dua yaitu; Pertama, Metode Kumpul Sinau Bareng yang berguna untuk mempertahankan mitra downline dan mengembangkan bersama jaringan Para Mitra Cerdas. Didalam Strategi pemasaran syari’ah Kumpul Sinau Bareng ada strategi lain yang kegunaannya hampir sama yaitu Prinsip SAYa (Semangat Action Yakin) yang berguna untuk membakar semangat para mitra. Kedua, Metode Home Sharing yang berguna untuk memperluas pangsa pasar dan membantu mitra yang kesulitan mendapat mitra downline dan didalam metode HS ini ada dua strategi pemasaran syari’ah lain yaitu Metode FAST (Faktual Akurat Santun dan Teachable) dan Teknik Pareto karena manfaatnya yang serupa. Kemudian diketahui penerapan Service sudah dijalankan dengan baik yang terbukti diadakan pembinaan setiap minggu seperti acara Kumpul Sinau Bareng. Kemudian, penerapan Differentation yaitu penempatan konten dan konteks di jalankan dengan baik sehingga diterima oleh masyarakat dengan baik seperti metode Home Sharing, akan tetapi dalam penerapan kejujuran ada kekurang transparansian pada waktu promosi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:28
Last Modified: 05 Dec 2019 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item