Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri

Kulsum, Efalul (2023) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932114219_prabab.pdf

Download (585kB)
[img] Text
932114219_bab1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
932114219_bab2.pdf

Download (545kB)
[img] Text
932114219_bab3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932114219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
932114219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
932114219_bab6.pdf

Download (217kB)
[img] Text
932114219_daftarpustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932114219_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
932114219_lembarpublikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Peran orang tua adalah metode atau cara yang digunakan oleh orang tua tentang tanggung jawab yang dilakukan ketika mendidik anak. Faktanya saat ini dengan kecanggihan teknologi seperti smartphone anak bisa mengakses apa saja yang tersedia didalamnya. Hal ini sangat mengkhawatirkan, karena menimbulkan dampak negatif dan menjadikan pendidikan agama Islam bagi anak tidak berjalan secara maksimal. Metode pendidikan agama Islam sebagai cara yang digunakan oleh orang tua agar agama Islam bisa dimengerti dan melekat dalam diri anak. Beberapa metode yang dapat digunakan dalam mendidik anak diantaranya: metode, teladan, metode kisah, metode nasehat, metode pembiasaan, metode hukuman. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan peran orang tua menggunakan metode teladan, metode kisah metode nasehat, metode pembiasaan, metode hukuman dalam meningkatkan pendidikan agama Islam pada anak di Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari orang tua, anak, dan tokoh agama di Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Kemudian yang dilanjut mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan, penulis dapat menyimpulkan (1) Orang tua menggunakan metode teladan memberikan contoh perkataan atau ucapan seperti membaca dzikir setelah sholat maghrib berjama’ah, meminta anak izin dan bersalaman dulu saat akan keluar rumah. Memberikan contoh perbuatan atau perilaku seperti melaksanakan sholat dhuha, makan menggunakan tangan kanan. (2) Orang tua menggunakan metode kisah memberikan cerita yang mengandung hikmah / pelajaran seperti kisah Nabi Muhammad, cerita Wali Gus Miek. (3) Orang tua menggunakan metode nasehat memberi pengarahan untuk menyempurnakan ibadah sholat maksutnya tidak tergesa-gesa saat melaksanakan sholat, mengimbangi usaha dengan do’a. (4) Orang tua menggunakan metode pembiasaan mengajarkan pembiasaan untuk mengerjakan sholat wajib tepat waktu (disiplin), sholat maghrib berjama’ah, rutin membaca Al Qur’an, dan berdo’a. (5) Orang tua menggunakan metode hukuman dengan pemberian hukuman yang sifatnya mendidik ketika terjadi pelanggaran seperti membaca Al Qur’an, membaca buku agama Islam, dan mengawasi main hp.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Efalul Kulsum
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:41
Last Modified: 07 Aug 2023 06:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item