Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMK Al-Huda Kota Kediri

Dhari, Arifah Dwi Wahyu Wulan (2023) Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMK Al-Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932408619_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932408619_bab 1.pdf

Download (766kB)
[img] Text
932408619_bab 2.pdf

Download (747kB)
[img] Text
932408619_bab 3.pdf

Download (804kB)
[img] Text
932408619_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932408619_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
932408619_bab 6.pdf

Download (666kB)
[img] Text
932408619_daftar pustaka.pdf

Download (531kB)
[img] Text
932408619_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
932408619_lembar pernyataan.pdf

Download (384kB)

Abstract

Dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan setiap konsumen tidak terlepas dengan biaya yang digunakan karena jika tidak ada biaya maka suatu proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa suatu lembaga pendidikan harus dapat mengelola dana dan digunakan sebagaimana mestinya untuk menunjang proses kegiatan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaiamana perencanaan manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu layana pendidikan, 3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, 4) memahami peran manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik untuk pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) manajemen pembiayaan direncanakan pada awal tahun pembelajaran baru dengan pembuatan proposal kegiatan anggaran yang dinamakan dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang memuat anggaran dana dari masing-masing wakil kepala sekolah. Proses perencanaan anggaran ini akan digunakan pula untuk merencanakan peningkatan kualitas layanan pendidikan supaya dapat memenuhi kebutuhan warga sekolah. 2) pelaksanaan kegiatan manajemen pembiayaan terbagi menjadi dua yakni penerimaan dan pengeluaran. Penerimanaa yaitu dana yang diterima oleh lembaga yang bersumber dari dan BOS, BPOPP, dan dana masyarakat. Sedangkan pengeluaran adalah kegiatan pembayaran untuk menunjang kegiatan sekolah yang dialokasikan sesuai dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah. 3) Proses evaluasi manajemen pembiayaan pendidikan dilakukan dengan menskrinonisasi data kegiatan pengeluaran dengan dibuktikan dengan nota pembelanjaan. Proses pengawasan dilakukan melalui aplikasi SIPLAH oleh operator sekolah sebagai laporan data pemgeluaran yang diawasi langsung oleh dinas pendidikan. pengawasan untuk dana dari peserta didik diawasi oleh Yayasan. 4) peran manajemen pembiayaan adalah sebagai sumber untuk memberikan layanan bagi warga sekolah dan bagi peserta didik untuk memenuhi kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arifah Dwu Wahyu Wulan Dhari
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:34
Last Modified: 11 Jul 2023 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/9031

Actions (login required)

View Item View Item