Fatimah, Siti (2015) Penerapan Metode Think Pair And Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII-F Mts Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102511-prabab.pdf Download (464kB) |
|
Text
932102511-bab1.pdf Download (240kB) |
|
Text
932102511-bab2.pdf Download (566kB) |
|
Text
932102511-bab3.pdf Download (296kB) |
|
Text
932102511-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
932102511-bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
932102511-bab6.pdf Download (424kB) |
|
Text
932102511-daftarpustaka.pdf Download (307kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwasannya pelajaran Al-Qur’an Hadits dikelas VIII-F ini masih di dominasi sistem pembelajaran konvensional, seperti ceramah, menulis, dan mendekte, sehingga pembelajarannya menjadi membosankan. Ada dua faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII-F yaitu faktor ekstern (luar) dan faktor intern (dalam). Faktor intern yaitu dari siswa itu sendiri, salah satu penyebabnya yaitu karena lemahnya siswa dalam memahamii materi-materi pelajaran Al-Qur’an Hadits dan sulitnya mereka untuk diajak berkomunikasi dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas. Sedangkan faktor ekstern yaitu dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, salah satu penyebabnya karena kurang kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami suatu pelajaran. Untuk itu perlu digunakan metode baru agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, yaitu dengan menggunakan metode think pair and share (TPS). Penelitian ini dimkasudkan dengan tujuan untuk mengetahui 1) Bagaimanakah penerapan metode think pair and share (TPS) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dikelas VIII-F, 2) Bagaimanakah Hasil belajar siswa kelas VIII-F pada mata pelajaran AL-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode think pair and share (TPS). Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan memilih jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran khususnya pada hasil belajar siswa kelas VIII-F MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan, siklus II dilakukan 3 kali pertemuan dan pada siklus III dilakukan 2 kali pertemuan dengan alokasi waktu (2x40) menit disetiap siklusnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan siswa baik secara lisan maupun tertulis, Skor hasil diskusi dan tes ulangan harian siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan, hasil observasi dan catatan lapangan yang berkaitan dengan aktivitas siswa pada saat penerapan metode think pair and share pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist berlangsung. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII-F MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri dalam konteks materi pelajaran Al-Qur’an Hadist bab “hukum bacaan lam dan ra’, menimbun harta di dalam surat Al-Humazah dan At-Takatsur, dan kesimbangan hidup di dunia dan akhirat.” Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits diKelas VIII-F telah mengalami peningkatan yang diketahui dari nilai hasil belajar rata-rata siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus yang tntas hanya 50%, pada siklus I menjadi sebesar 59,09% meningkat 79,5% pada siklus II dan meningkat lagi sebesar 90,9% pada siklus III. Ini artinya pada akhir siklus (siklus III) dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII-F MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri dengan menggunakan metode “think-pair-and-share”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 03:10 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 03:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/903 |
Actions (login required)
View Item |