Wardani, Anggi Kusuma (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Dan Asesmen PAI Di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107719_bab1.pdf Download (209kB) |
|
Text
932107719_bab2.pdf Download (513kB) |
|
Text
932107719_bab3.pdf Download (129kB) |
|
Text
932107719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
932107719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
932107719_bab6.pdf Download (102kB) |
|
Text
932107719_daftarpustaka.pdf Download (167kB) |
|
Text
932107719_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
SMAN 1 Prambon Nganjuk sebuah lembaga formal yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak memiliki peranan yang penting dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka karena untuk menjadi teladan sekolah-sekolah disekitarnya. Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan pembelajaran dan asesmen PAI Kurikulum Merdeka di SMAN Prambon Nganjuk; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan asesmen PAI Kurikulum Merdeka di SMAN Prambon Nganjuk; 3) pengolahan dan pelaporan pembelajaran dan asesmen PAI Kurikulum Merdeka di SMAN Prambon Nganjuk. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis melakukan kegiatan yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI, serta Siswa kelas X dan XI yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka tersebut. Data yang telah dikumpulkan kemudian direduksi, ditampilkan dan ditarik kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang valid, data kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses perencanaan pembelajaran dan asesmen PAI di SMAN 1 Prambon Nganjuk meliputi; merumuskan CP, TP, ATP, modul ajar, 2) proses pelaksanaan pembelajaran dan asesmen PAI di SMAN 1 Prambon Nganjuk meliputi: a) menentukan asesmen awal pembelajaran, b) melakukan modifikasi rencana atau penyesuaian, c) melaksanakan pembelajaran berdeferensiasi, d) melaksanakan asesmen akhir. Adapun implementasi pelaksanaan pembelajaran dan asesmen PAI Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Prambon Nganjuk dibuktikan dengan pembelajaran yang berbasis projek, memanfaatkan media digital untuk menunjang pembelajaran, kebebasan dalam memilih mata pelajaran dan kesenian, serta penilaian yang bersifat berkelanjutan. Pelaksanaan mengacu pada tahap-tahap yang dirumuskan dalam proses perencanaan. 3) proses pengolahan dan pelaporan pembelajaran dan asesmen PAI di SMAN 1 Prambon Nganjuk meliputi: a) pengolahan hasil asesmen PAI b) pelaporan hasil asesmen PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anggi Kusuma Wardani |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8997 |
Actions (login required)
View Item |