Cahyono, Ilham Rizky (2023) Manajemen Peningkatan Mutu Lulusan Program Kesetaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(PKBM) Al-Madinah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932408519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932408519_bab1.pdf Download (262kB) |
|
Text
932408519_bab2.pdf Download (283kB) |
|
Text
932408519_bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932408519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
Text
932408519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
Text
932408519_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
932408519_daftarpustaka.pdf Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen atau pengelolaan dalam upaya meningkatkan mutu lulusan pendidikan nonformal pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Al-Madinah Kota Kediri yang terdiri dari pengelolaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses dan Standar Penilaian serta bentuk manajemen pengelolaan sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Sumber informasi diambil dari kepala sekolah, koordinator program layanan dan guru ata tutor. Teknik pengumpulan data diambil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan kebenaran data atau informasi dari informan atau sumber yang berbeda. Dalam analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah : (1) Implementasi manajemen sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi. (2) Standar Kompetensi Lulusan memuat tiga aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan atau life skill. (3) Pengelolaan Standar Isi memuat program layanan, kurikulum, beban belajar dan kalender akademik. (4) Standar Proses menggunakan manajemen Total Quality Management (TQM) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). (4) Pengelolaan Standar penilaian memiliki tiga bentuk pendekatan yaitu Assessment Of Learning, assessment For Learning dan Assessment As Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ilham Rizki Cahyono |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 07:09 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8965 |
Actions (login required)
View Item |