Inner Child Dalam Hubungan Interpersonal Santri Yayasan Pondok Pesantren Al-Huda Grogol Kediri

Lailani, Erlin Alaida (2023) Inner Child Dalam Hubungan Interpersonal Santri Yayasan Pondok Pesantren Al-Huda Grogol Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933418418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933418418_bab1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
933418418_bab2.pdf

Download (341kB)
[img] Text
933418418_bab3.pdf

Download (366kB)
[img] Text
933418418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
933418418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
933418418_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933418418_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
933418418_Suratpernyataan.pdf

Download (177kB)

Abstract

ERLIN ALAIDA LAILANI. Dosen Pembimbing 1) Dra. Sardjuningsih, M.Ag. dan (2) Fidia Astuti, M.Psi.. Inner Child dalam Hubungan Interpersonal Santri Yayasan Pondok Pesantren Al-Huda Grogol. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2022. Kata Kunci: Inner child, Hubungan Interpersonal Dalam hubungan interpersonal, memori memiliki peranan yang penting dalam mempengaruhi persepsi maupun cara berpikir. Dalam proses psikologi kognitif, persepsi dapat diartikan sebagai seperangkat proses yang dapat mengenali, mengorganisasikan, dan memahami respon indrawi yang diterima dari respons lingkungan. Inner child merupakan bagian dari diri yang tidak ikut tumbuh dewasa yang terbentuk dari pengalaman ketika masih anak-anak yang belum tuntas. Ingatan dan emosi yang dialami ketika kanak-kanak digenggam erat oleh inner child. Sehingga inner child yang dirasakan individu dapat mempengaruhi hubungan interpersonal. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui inner child yang terluka dalam hubungan interpersonal santri, mengetahui inner child mempengaruhi karakter santri, dan mengetahui santri membangun hubungan dengan lingkungan berdasarkan inner child yang dimiliki. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian berada di Yayasan Pondok Pesantren Al-Huda Grogol. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah subjek sebanyak enam santri, yang terdiri dari tiga santri putra dan tiga santri putri. Data sekunder berupa buku profil serta dokumen yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran inner child pada santri Yayasan Pondok Pesantren Al-Huda Grogol dapat membentuk karakter pada masing-masing santri, seperti menjadi mudah merasa takut, tidak percaya pada diri sendiri, sering merasa bersalah, emosi tidak stabil, dan santri memiliki jiwa yang terlalu kompetitif. (2) Inner child yang mempengaruhi santri akan melahirkan mempengaruhi santri dalam pengambilan sikap, yaitu dalam aspek kepercayaann, keintiman, perilaku adiktif dan kompulsif, dan ketergantungan dengan orang lain. (3) Santri membangun hubungan dengan lingkungannya berdasarkan inner child yang dimiliki, beberapa santri memenuhi aspek-aspek dalam membentuk sebuah hubungan dengan lingkungannya seperti keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Erlin Alaida Lailani
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:39
Last Modified: 07 Jul 2023 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item