Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kediri

Abdullah, Ridwan (2015) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101510-prabab.pdf

Download (422kB)
[img] Text
932101510-bab1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932101510-bab2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
932101510-bab3.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932101510-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
932101510-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
932101510-bab6.pdf

Download (11kB)
[img] Text
932101510-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932101510-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pengelola sekaligus sebagai pendidik, memiliki tugas mengembangkan kinerja personelnya, terutama meningkatkan kompetensi profesional guru, kompetensi profesional di sini, tidak hanya berkaitan dengan penguasaan materi semata, tetapi mencakup seluruh jenis dan isi kandungan kompetensi tersebut. Guru mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup, mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, melatih berarti mengembangkan ketrampilan-ketrampilan pada siswa. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kabupaten Kediri? 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kabupaten Kediri? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Sumber data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisa data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu; 1) Kompetensi pedagogik guru PAI di MAN Kandat meliputi; penguasaan karakteristik peserta didik yang mumpuni, penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran, guru dapat melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, guru menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, guru dapat berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, guru melakukan penyelenggaraan penilaian dan evaluasi hasil belajar, dan yang terakhir guru melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, secara garis besar guru memiliki kompetensi pedagogi yang baik. 2) Kepemimpinan kepala madrasah MAN Kandat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, meliputi: memberi tugas guru sesuai dengan kemampuan, spesifikasi guru di bidang pengajaran, dorongan (support) kepada guru untuk melanjutkan studi, rekreasi dan studi banding ke lembaga pendidikan di luar Kediri, penanaman nilai-nilai keagamaan bagi para guru, membimbing guru PAI dalam proses kegiatan belajar mengajar, memotivasi guru PAI untuk meningkatkan profesionalisme dengan melanjutkan sekolah atau mendelegasikan guru PAI mengikuti workshop, seminar, pelatihan maupun diklat serta menggiatkan kegiatan guru mata pelajaran melalui forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) maupun KKG (Kelompok Kerja Guru).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 02 Dec 2019 06:26
Last Modified: 02 Dec 2019 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item