Putri, Ardiana (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kutorejo Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107219_prabab.pdf Download (539kB) |
|
Text
932107219_bab1.pdf Download (918kB) |
|
Text
932107219_bab2.pdf Download (882kB) |
|
Text
932107219_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
|
Text
932107219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
932107219_bab5.pdf Download (846kB) |
|
Text
932107219_Daftarpustaka.pdf Download (840kB) |
|
Text
932107219_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text
932107219_suratpublikasi.pdf Download (299kB) |
Abstract
Pengembangan bahan ajar berbasis komik pada kelas V semester genap di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kutorejo ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar sehingga menimbulkan hasil belajar yang didapat kurang maksimal, Peserta didik sulit menjawab soal-soal yang diberikan oleh pendidik, Media yang digunakan kurang bervariasi. Adapun tujuan dari pengembangan ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbasis komik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam; 2) Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis komik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam; 3) Untuk mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis komik terhadap peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Skripsi ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru dan peserta didik, wawancara, observasi, dokumentasi, Pre-Test dan Post Test. Hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa: 1) Analisis masalah terhadap pengembangan bahan ajar berbasis komik yaitu terbatasnya bahan ajar yang digunakan untuk mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, media dan metode yang digunakan kurang bervariasi, hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal. Selanjutnya, Desain pengembangan diawali dengan menganalisis masalah, membuat rancangan, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi produk. Bahan ajar berbasis komik dikembangkan dengan menggunakan tiga aplikasi yaitu Pixton, Canva, dan Microsoft Word; 2) Tingkat kevalidan bahan ajar berbasis komik dinyatakan sangat baik, hasil validasi dari ahli materi yaitu 95%, dan hasil validasi dari ahli media yaitu 92,02%; 3) Adapun keefektifan bahan ajar berbasis komik terhadap peserta didik yang berjumlah 14 anak yaitu mengalami peningkatan dari hasil pre-test diperoleh yaitu 60,8 dan hasil post-test diperoleh 91,07 pada peserta didik kelas Lima, sehingga produk pengembangan dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING (Studi Seni Kreatif dan Menulis) > 1903 Journalism and Professional Writing > 190303 Technical Writing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ARDIANA PUTRI |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8927 |
Actions (login required)
View Item |