Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMAN 1 Bangsal

Ilmiyah, Nazilatul (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di SMAN 1 Bangsal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932107619_prabab.pdf

Download (464kB)
[img] Text
932107619_bab 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932107619_bab 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932107619_bab 3.pdf

Download (75kB)
[img] Text
932107619_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
932107619_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
932107619_bab 6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
932107619_daftar pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932107619_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Surat Publikasi_932107619.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian tentang peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMAN 1 Bangsal, ini dilatar belakangi oleh beberapa sebab. Pertama, kurang maksimal peran yang dilakukan oleh guru di lingkungan sekolah. Kedua, masih banyak peserta didik yang tidak jujur ketika melakukan tindakan kenakalan. Dari latar belakang tersebut maka dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kenakalan peserta didik di SMAN 1 Bangsal, 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMAN 1 Bangsal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, di mana kehadiran peneliti sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan peneliti melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kenakalan peserta didik di SMAN 1 Bangsal antara lain: kategori biasa: membolos sekolah, berkelahi, keluar saat jam pembelajaran, terlambat, dan kurang sopan terhadap guru. Kategori pada tindakan pelanggaran hukum: meminjam barang teman tanpa izin, ugal-ugalan saat berkendara, dan atribut seragam tidak lengkap. Kategori khusus: merokok dan berpacaran. 2) Peran guru PAI dalam mengatasi kenakalan di SMAN 1 Bangsal. a) sebagai pendidik menunjukkan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, berakhlak mulia (menjadi contoh yang baik), dan berwibawah. b) sebagai pembimbing guru mendidik serta membimbing peserta didik nakal (menegur dan memberi sanksi), berusaha untuk memecahkan permasalah dan melakukan pembiasaan bersikap baik. c) sebagai motivator guru mampu memberikan nasehat mengenai akhlak yang baik serta memberikan motivasi mengenai pergaulan yang baik dan bersikap sopan santun terhadap guru. Disamping itu juga didukung dengan menggunakan beberapa strategi yaitu: d) strategi preventif: memberikan teguran, peringatan, dan memberikan nasihat agar peserta didik tidak mengulangi kenakalan yang sama. Strategi represif: memberikan hukuman yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dan melakukan panggilan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazilatul Ilmiyah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:20
Last Modified: 06 Jul 2023 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item