Kesulitan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten

Bahtiar, Muhammad Candra (2023) Kesulitan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102119_prabab.pdf

Download (728kB)
[img] Text
932102119_bab1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932102119_bab2.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932102119_bab3.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932102119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932102119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932102119_bab6.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932102119_daftarpustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932102119_suratpernyataan.pdf

Download (143kB)

Abstract

MUHAMMAD CANDRA BAHTIAR, Dosen Pembimbing Zakiyatus Soimah,  M.HI. dan Khainuddin, M.Pd.I. Kesulitan Membaca Al-Qur‟an pada Siswa SDN  Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,  Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Al-Qur'an Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan  siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an dan strategi yang digunakan guru PAI  dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an siswa di SDN Wonorejo Trisulo 2  Plosoklaten. Penelitian ini melibatkan seluruh warga sekolah SDN Wonorejo  Trisulo 2 Plosoklaten. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan  yang ditemukan peneliti di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten dalam membaca  Al-Qur'an. Sesuai data yang diperoleh, bahwa di SDN Wonorejo Trisulo 2  Plosoklaten banyak peserta didik khususnya kelas 4, 5, dan 6 yang masih  kesulitan dalam membaca Al-Qur'an, misalnya kurang mengenal huruf hijaiyyah,  kurang memahami ilmu tajwid, dan kurang memahami tanda baca. Hal demikian  dikarenakan kurangnya waktu belajar di Pendidikan Agama Islam. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,  wawancara, serta dokumentasi. Proses analisis data simulasi dari menelaah semua  data yang tersedia dari berbagai sumber baik dari wawancara, obersavi, serta  dokumentasi dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kesulitan yang dialami peserta  didik di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten ketika belajar membaca Al-Qur'an  adalah pengucapan huruf-huruf hijaiyyah yang benar, membaca huruf hijaiyyah  yang disambung, penguasaan ilmu tajwid, dan pengenalan tanda baca. 2) terdapat  beberapa strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SDN  Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah  dengan memberikan kegiatan tadarus yang dilaksanakan sebelum pembelajaran  dimulai dan pendalaman pada akhir pembelajaran. Selain itu, guru Pendidikan  Agama Islam juga mengadakan kegiatan ektrakulikuler Baca Tulis Al-Qur'an  (BTQ).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Candra Bahtiar
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:41
Last Modified: 05 Jul 2023 07:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item