Bahtiar, Muhammad Candra (2023) Kesulitan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932102119_prabab.pdf Download (728kB) |
|
Text
932102119_bab1.pdf Download (254kB) |
|
Text
932102119_bab2.pdf Download (463kB) |
|
Text
932102119_bab3.pdf Download (195kB) |
|
Text
932102119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932102119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
932102119_bab6.pdf Download (170kB) |
|
Text
932102119_daftarpustaka.pdf Download (238kB) |
|
Text
932102119_suratpernyataan.pdf Download (143kB) |
Abstract
MUHAMMAD CANDRA BAHTIAR, Dosen Pembimbing Zakiyatus Soimah, M.HI. dan Khainuddin, M.Pd.I. Kesulitan Membaca Al-Qur‟an pada Siswa SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Al-Qur'an Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an dan strategi yang digunakan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur'an siswa di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten. Penelitian ini melibatkan seluruh warga sekolah SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan peneliti di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten dalam membaca Al-Qur'an. Sesuai data yang diperoleh, bahwa di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten banyak peserta didik khususnya kelas 4, 5, dan 6 yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur'an, misalnya kurang mengenal huruf hijaiyyah, kurang memahami ilmu tajwid, dan kurang memahami tanda baca. Hal demikian dikarenakan kurangnya waktu belajar di Pendidikan Agama Islam. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Proses analisis data simulasi dari menelaah semua data yang tersedia dari berbagai sumber baik dari wawancara, obersavi, serta dokumentasi dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kesulitan yang dialami peserta didik di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten ketika belajar membaca Al-Qur'an adalah pengucapan huruf-huruf hijaiyyah yang benar, membaca huruf hijaiyyah yang disambung, penguasaan ilmu tajwid, dan pengenalan tanda baca. 2) terdapat beberapa strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SDN Wonorejo Trisulo 2 Plosoklaten dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan kegiatan tadarus yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai dan pendalaman pada akhir pembelajaran. Selain itu, guru Pendidikan Agama Islam juga mengadakan kegiatan ektrakulikuler Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Candra Bahtiar |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 07:41 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8899 |
Actions (login required)
View Item |