Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Kediri

Rizal, Muhammad Fahru (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100819_prabab.pdf

Download (675kB)
[img] Text
932100819_bab1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
932100819_bab2.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932100819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
932100819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932100819_bab5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
932100819_daftarpustaka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
932100819_sp.pdf

Download (345kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk memudahkan pembelajaran di kelas. Dengan adanya media, memudahkan siswa memahami pembelajaran dengan mudah, menarik, dan membuat siswa tidak mudah bosan di kelas. Media yang akan digunakan harus sesuai dengan konsep rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana desainupengembangan media pembelajaran interaktif; 2) Bagaimanaivaliditasipengembangan media pembelajaran interaktif; 3) Bagaimanaiefektivitasipengembanganimedia pembelajaranninteraktif; dan 4) Bagaimana efektivitas minat belajar siswa kelas X MAN 1 Kediri. Maka dengan penelitian ini,amenggunakan pendekatanapenelitian dan pengembangan (ResearchhanddDevelopment), yaitu dengan meneliti dan mengembangkan media powerpoint interaktif serta menganalisis minat belajar siswa kelas X MAN 1 Kediri. Penelitinmemakai model penelitian ADDIE, yaitu pertama tahapan analisis kurikulum, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), metode pembelajaran guru, dan analisis kebutuhan di kelas X MAN 1 Kediri. Tahapan kedua desain media powerpoint interaktif dan desain proses pembelajaran di kelas. Tahapan ketiga development atau pengembangan, yaitu pengembangan media powerpoint interaktif dan proses pembelajaran di kelas. Tahapan keempat implementasi atau tahapan ujicoba. Yaitu ujicoba media powerpoint interaktif dan proses pembelajaran di kelas X MAN 1 Kediri. Dan tahapan kelima adalah evaluasi, yaitu evaluasi media powerpoint interaktif yang telah digunakan dan evaluasi proses pembelajaran di kelas X MAN 1 Kediri. Hasil akhir penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil penilaian rata-rata validator media menunjukkan 92% kriteria sangat valid, validator materi 81% kriteria valid, dan validator bahasa 85% kriteria valid; 2) Hasil rata-rata efektivitas media pembelajaran interaktif kelompok kecil 63% kriteria kurang efektiv dan kelompok besar 75% kriteria cukup efektiv; 3) Hasil rata-rata efektivitas minat belajar siswa kelompok kecil 60% kriteria cukup berminat dan kelompok besar 65% kriteria cukup berminat. Jadi bisa disimpulkan bahwasmedia pembelajaranminteraktif berbasis powerpoint interaktif ini cukup efektiv dan dapat meningkatkan minat belajar siswaskelas X di MAN 1 Kediri. Dengan melihat hasil hitungan jumlah skor angket siswa di bab IV dan juga terdapat beberapa kritik dan saran dari siswa tentang powerpoint interaktif di dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fahru Rizal
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:37
Last Modified: 06 Jul 2023 03:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item