Azizah, Saniatul (2023) Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN 1 Jogomerto Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932116219_prabab.pdf Download (944kB) |
|
Text
932116219_bab1.pdf Download (550kB) |
|
Text
932116219_bab2.pdf Download (545kB) |
|
Text
932116219_bab3.pdf Download (488kB) |
|
Text
932116219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
|
Text
932116219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
932116219_bab6.pdf Download (219kB) |
|
Text
932116219_daftarpustaka.pdf Download (436kB) |
|
Text
932116219_suratpernyataan.pdf Download (413kB) |
Abstract
Metode make a match merupakan metode yang dapat membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Kegiatan mempelajari konsep dengan menemukan kartu pasangan membuat peserta didik berfikir cekatan, mengoptimalkan semangat berkolaborasi dan menambah antusiasme belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode make a match pada mata pelajaran PAI dikelas V SDN 1 Jogomerto (2) Seberapa besar peningkatan keaktifan belajar peserta didik saat diterapkan metode make a match pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN 1 Jogomerto. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V-A SDN 1 Jogomerto yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang diperoleh dari hasil observasi dipersentasekan, kemudian dikaji bersama seluruh data yang telah diperoleh dari proses penelitian lalu dideskripsikan dalam bentuk kualitatif untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan pelaksanaan metode make a match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas V-A SDN 1 Jogomerto memiliki keaktifan belajar yang kurang dalam pelajaran PAI. Hal ini nampak pada penelitian pra siklus yang menunjukkan minimnya kegiatan aktif belajar dari peserta didik, serta didukung oleh persentase rata- rata keaktifan belajar peserta didik pada tahap pra siklus sebesar 33% hanya 4 dari 18 peserta didik dikelas yang mendapat kriteria tuntas. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik adalah dengan menerapkan metode make a match. Hal ini terbukti dari berhasil diterapkannya metode make a match pada mata pelajaran PAI di kelas V-A SDN 1 Jogomerto serta adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik saat menerapkan metode make a match pada pembelajaran PAI. Peningkatan yang terjadi yaitu: Pada siklus I diperoleh persentase rata- rata keaktifan belajar sebesar 43%. Pada siklus II memperoleh persentase sebesar 74%. Pada siklus II dapat disimpulkan, peningkatan keaktifan belajar peserta didik telah mencapai kriteria keberhasilan yakni 83% (15 anak) dari total peserta didik dikelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saniatul Azizah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 07:33 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8857 |
Actions (login required)
View Item |