Pengaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Peer Group Influencee Sebagai Mediator Di MTs An Nidhomiyah Badas Kediri

Ma'wa, Dewi Wardah Al (2023) Pengaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Peer Group Influencee Sebagai Mediator Di MTs An Nidhomiyah Badas Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401418_bab1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
933401418_bab2.pdf

Download (461kB)
[img] Text
933401418_bab3.pdf

Download (471kB)
[img] Text
933401418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
933401418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
933401418_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933401418_daftarpustaka.pdf

Download (397kB)
[img] Text
933401418_sp.pdf

Download (323kB)

Abstract

ABSTRAK Wardah Al Ma’wa, Dewi. 933401418. Pembimbing (1) Dr. Mohamad Zaenal Arifin, MHI., dan pembimbing (2) Ervin Abdillah, M.A., Pengaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Peer Group Influencee Sebagai Mediator. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuludin Dan Dakwah, Isntitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: self awareness, kedisiplinan, peer group influencee, Adanya tata tertib yang berlaku, mendorong peserta didik untuk berperilaku lebih baik. Hadirnya self awareness dalam membersamai aktivitas peserta didik, dapat memicu terbentuknya perilaku yang sadar akan tanggung jawab sebagai peserta didik. Selain itu, peer group influencee yang positif akan membawa dampak yang positif pula bagi peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebesar 120 peserta didik dengan sampel sebanyak 81 peserta didik lakilaki maupun perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Exidental Sampling yang diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian setelah dilaukan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai Standarized Coefficients Beta sebesar sebesar 0,416 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana nilai ini kurang dari 0,05. Sedangkan setelah dimasuki variabel Peer Group Influencee nilai Standarized Coefficients Beta menjadi 0,297. Terdapat kenaikan sebesar 0,119. Hasil dari penelitian tersebut menandakan bahwa Peer Group Influencee memberikan pengaruh tidak langsung pada kedisiplinan peserta didik. Artinya, peserta didik dengan Self Awareness yang tinggi, maka akan membawa pengaruh positif pada kedisiplinan peserta didik. Dan peserta didik dengan Self Awareness dan Peer Group Influencee yang tinggi, akan memberikan pengaruh yang positif pula pada kedisiplinan peserta didik.. Maka, Peer Group Influencee berhasil memediatori pengaruh antara self awareness dengan kedisiplinan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Dewi Wardah Al Ma'wa
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:57
Last Modified: 06 Jul 2023 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item