Praktek Jual Beli Produk Digital Dalam Gacha Game Online Perspektif Sosiologi Hukum Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Prodi HES 2016 Iain Kediri)

Almakhlufi, Yunus (2023) Praktek Jual Beli Produk Digital Dalam Gacha Game Online Perspektif Sosiologi Hukum Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Prodi HES 2016 Iain Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931209616_Prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931209616 _BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
931209616_Bab II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
931209616_Bab III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
931209616_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
931209616_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
931209616_Bab VI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
931209616_DaftarPustaka .pdf

Download (111kB)

Abstract

YUNUS ALMAKHLUFI, Dosen Pembimbing I Amrul Mutaqin, M.EI. dan Dosen Pembimbing II Sheyla Nichlatus Sovia, Lc., M.Ag. Praktek Jual Beli Produk Digital dalam Gacha Game Online Perspektif Sosiologi Hukum Islam (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah prodi HES 2016 IAIN Kediri). Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: gacha, gharar, maisir, ekonomi, game online Dalam praktik jual beli Islam melarang unsur gharar/tidak pasti karena di dalamnya mengandung unsur yang hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Contohnya ialah praktik pembelian produk digital dalam game dengan sistem gacha yang dilakukan baik disengaja maupun tidak disengaja. Sistem gacha dalam game berisikan berbagai karakter, benda ataupun kartu yang bisa didapatkan oleh pemain dengan memutar atau menarik gacha menggunakan mata uang permainan, hasilnya akan diberikan secara acak. Walaupun jelas ada gharar, orang Islam masih banyak yang melakukan pembelian dalam gacha online ini. Oleh sebab itu peneliti tertarik melakukan penelitian dalam perspektif sosiologi hukum Islam. Fokus penelitiannya sebagai berikut: Bagaimana praktek jual beli pada produk digital dalam gacha game online? dan bagaimana praktek jual beli pada produk digital dalam gacha game online perspektif sosiologi hukum Islam? Jenis pendekatan penelitiannya deskriptif kualitatif dengan jenis penelitiannya studi lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan keikutsertaan. Teknik analisis datanya kodifikasi data, penyajian data dam penarikan kesimpulan atau verifikasi dari hasil temuan data. Hasil penelitiannya yaitu: 1. Praktek jual beli pada produk digital dalam gacha game online terletak pada proses penerimaan produk digital di mana pemain tidak dapat memilih produk digital apa yang akan ia dapatkan. Walaupun saat melakukan pembelian pemain bisa mengetahui kira-kira produk yang akan didapatkan namun pemain tidak dapat memilih langsung dan hanya bergantung pada keberuntungan mereka akan mendapatkan produk digital apa. 2. Praktek jual beli pada produk digital dalam gacha game online ditinjau dari perspektif sosiologi Hukum Islam dijelaskan bahwa sistem gacha yang membuat pemain tidak dapat melakukan pemilihan terhadap produk digital yang akan dibeli menimbulkan dua permasalahan. Pertama masuk dalam ranah perjudian atau maisir karena pemain bergantung kepada keberuntungan mereka. Kedua masuk dalam permasalahan gharar karena tidak jelas objek yang diperjualbelikan spesifikasinya bagaimana. Karena dua hal ini maka transaksi yang dilakukan kedua belah pihak dalam jual beli produk digital dalam gacha game online dinilai cacat hukum. Walaupun dinilai gharar dan maisir namun masyarakat tetap melakukan pembelian produk digital dalam gacha game online karena beberapa faktor. Faktor utama ialah masalah ekonomi dan interaksi, bahwa dengan bermain game online masyarakat bisa mendapatkan pemasukan selain itu bisa melakukan interaksi dengan pemain lainnya di dunia maya. Jadi walaupun dirasa merugikan, namun kerugiannya tidak seberapa, masih banyak keuntungannya seperti pemasukan dan hubungan antar pemain seperti saudara.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Hukum Acara Pidana, Hukum Pidana Islam)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180121 Legal Practice, Lawyering and the Legal Profession (Praktek Hukum, Pengacara dan Profesi Hukum)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunus Al Makhlufi
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:07
Last Modified: 03 Jul 2023 04:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8829

Actions (login required)

View Item View Item