Pengembangan Media 3 Dimensi Pataya (Replika Peta Budaya) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di MI An-Najah Joho

Rusyd, Mochammad Ibnu (2022) Pengembangan Media 3 Dimensi Pataya (Replika Peta Budaya) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di MI An-Najah Joho. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932607918_prabab.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932607918_Bab 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932607918_Bab 2.pdf

Download (370kB)
[img] Text
932607918_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
932607918_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
932607918_Bab 5.pdf

Download (177kB)
[img] Text
932607918_sp.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK MUCHAMMAD IBNU RUSYD, 2022, Pengembangan Media 3 Dimensi PATAYA (Replika Peta Budaya)Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas IV di MI AN- NAJAH JOHO, Skripsi, IAIN Kediri, Pembimbing (1) Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Pembimbing (2) Choiru Umatin, M.Pd. Kata Kunci : Media 3 Dimensi PATAYA, Minat Belajar, Peserta Didik Pendidikan dasar diwujudkan untuk memberikan bekal dasar yang diperlukan hidup dalam masyarakat, berupa pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasi SD sederajat memberikan kemampuan dasar membaca, menulis, berhitung pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan.Tujuan pada penelitian ini yaitu : (1) Mengembangkan media pataya untuk meningkatkan peran aktif peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV MI An-Najah Joho Wates Kediri. (2) Menguji kelayakan produk pengembangan media pembelajaran beruapa media pataya melalui uji materi serta uji produk kepada peserta didik kelas IV MI An-Najah Joho Wates Kediri. (3) Mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode R&D yaitu metode yang biasa digunakan untuk mengembangkan suatu produk atau menghasilkan produk untuk menguji keefektifan metode tersebut dalam bidang pendidikan dan utnuk model pada penelitian ini peneliti menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollanda dengan menggunakan teknik pengumpulan data skala likert. Populasi pada penelitian ini yaitu 30 peserta didik MI An-Najah Joho Kediri. Hasil penelitian ini adalah, diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berupa media 3 dimensi Pataya menunjang pembelajaran peserta didik menjadi aktif dalam mengikuti materi pembelajaran khusunya pada mata pelajaran tematik materi IPS dengan tema keberagaman budaya bangsaku. Uji kelayakan produk media pembelajaran ini dikatakan layak oleh ahli media dengan skor perolehan 43 dan sangat layak oleh penilaian peserta didik dengan perolehan skor 1.229. dari hasil penilaian ahli materi mendapat skor 37 yang berkategorikan sangat layak. Untuk itu dapat disimpulkan, media 3 dimensi Pataya layak digunakan dalam media pembelajaran mata pelajaran tematik pada materi IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ibnu Rusyd
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:19
Last Modified: 27 Jun 2023 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item