Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Aturan Kegiatan Di Sekolah Kelas II MI Al Falah Pagu Kabupaten Kediri

Sari, Alfina Atika (2022) Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Aturan Kegiatan Di Sekolah Kelas II MI Al Falah Pagu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932603818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932603818_bab1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
932603818_bab2.pdf

Download (502kB)
[img] Text
932603818_bab3.pdf

Download (500kB)
[img] Text
932603818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932603818_bab5.pdf

Download (270kB)
[img] Text
932603818_daftar_pustaka.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932603818_sp.pdf

Download (144kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini yaitu hendaknya setiap guru berupaya mengembangkan sendiri pengembangan media atau bahan ajar pembelajaran sederhana yang dapat dikembangkan oleh guru sehingga dapat meningkatkan keprofesionalan guru. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya inovasi pembuatan media atau bahan ajaryang sesuai dengan materi dan lingkungan belajar peserta didik. Tahap-tahap penelitian menggunakan model ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, dan angket ahli media, materi, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di MI Al Falah Pagu Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli desain tahap I menyebutkan bahwa memperoleh persentase kelayakan sebesar 60% dengan kriteria “Baik”, Sedangkan pada tahap 2 memperoleh persentase kelayakan sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian ahli media menyebutkan bahwa memperoleh persentase kelayakan sebesar 94,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dari guru kelas menyebutkan bahwa memperoleh persentase kelayakan sebesar 98,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian dosen ahli materi menyebutkan bahwa memperoleh persentase kelayakan sebesar 98,2% kriteria “Sangat Layak” sedangkan penilaian guru kelas sebagai ahli materi menyebutkan bahwa memperoleh persentase kelayakan sebesar 89,2% dalam kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik sebelum uji coba produk dalam kelompok kecil mendapatkan jumlah skor penilaian 16 dengan persentase 32% dengan kategori “Kurang Minat” dalam pembelajaran materi aturan kegiatan di sekolah setelah dilakukan uji coba produk Pop Up Book kelompok kecil sebanyak 5 peserta didik mendapatkan jumlah skor penilaian 41 dengan pesentase 82% dalam kategori “Sangat Minat” . Berdasarkan respon peserta didik sebelum uji coba produk kelompok besar sebanyak 20 peserta didik yang diperoleh adalah 100 dengan persentase minat 50% dalam kategori “Kurang Minat”, sesudah dilakukan uji coba produk kelompok besar mendapatkan skor 179 dengan persentase 89% dalam kategori “Sangat Minat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfina Atika Sari
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:16
Last Modified: 27 Jun 2023 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item