Kholidha, Rissya Nur (2022) Penerapan Pendidikan Karakter Islam Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131318_prabab.pdf Download (575kB) |
|
Text
932131318_bab1.pdf Download (344kB) |
|
Text
932131318_bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
932131318_bab3.pdf Download (336kB) |
|
Text
932131318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
Text
932131318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
932131318_bab6.pdf Download (293kB) |
|
Text
932131318_daftar_pustaka.pdf Download (406kB) |
|
Text
932131318_surat pernyataan.pdf Download (370kB) |
Abstract
ABSTRAK RISSYA NUR KHOLIDHA, Dosen Pembimbing Saifullah, M.Ag dan Imam Masrur, M. Th.I., Penerapan Pendidikan Karakter Islam Pada Siswa di SMAN 1 Pare, Kediri: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Pendidikan Karakter Islam Pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada siswa. Tujuan diutusnya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT untuk memperbaiki atau menyempurnakan akhlak manusia. Pada karakter Islami ini lebih cenderung mengarah pada akhlak atau perilaku yang baik. Perbedaan antara karakter dan akhlak yaitu karakter hanya secara batiniah sedangkan akhlak secara lahir dan batin. Sehingga dalam pemaknaannya akhlak lebih mendalam daipada karakter. Upaya yang dilakukan pendidik terutama guru agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter yaitu melalui pendidikan akhlak dan kegiatan keagamaan yang disertai dengan pembiasan ataupun praktek dalam kehidupan sehari-hari, baik eksternal maupun internal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter Islam pada Siswa di SMA Negeri 1 Pare (2) Bagaimana konsep pelaksanaan pendidikan karakter Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Pare. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan trianggulasi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data dilakukan melalui tiga langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen pendidikan karakter Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Pare dalam meningkatkan karakter siswa dilakukan melalui kedisiplinan, akhlak, dan keagamaan meliputi menaati peraturan sekolah, datang tepat waktu, menghormati guru dan seluruh warga sekolah, kegiatan atau program sekolah IMTAQ yang direalisasikan dengan literasi al Qur’an, shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah serta memberikan penanaman karakter. (2) konsep pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMA Negeri 1 Pare dilakukan melalui pemahaman, pembiasaan dan keteladanan. Dimana seorang guru harus memberikan contoh yang baik bagi peserta didik. Sehingga tercipta akhlakul karimah yang baik dan benar sesuai perencanaan dan apa yang telah diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rissya Nur Kholidha |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 07:38 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 07:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8789 |
Actions (login required)
View Item |