Strategi Komunikasi Lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri dalam Menyosialisasikan Program-program untuk Meyakinkan Donatur

Rouf, Ihwan Abdul (2015) Strategi Komunikasi Lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri dalam Menyosialisasikan Program-program untuk Meyakinkan Donatur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501511-prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933501511-bab1-3.pdf

Download (452kB)
[img] Text
933501511-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
933501511-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
933501511-bab6.pdf

Download (129kB)
[img] Text
933501511-DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
933501511-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang telah disepakati oleh umat Islam. Kewajiban zakat telah ditetapkan dalam Al-quran dan sunnah. Zakat harus dipandang sebagai bagian dari suatu sistem yang secara struktural mampu mengatasi masalah kemiskinan dan penganguran serta mendorong pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat. Zakat yang dulu sering tersalurkan melalui masjid atau mushola kini sudah mulai beralih. Persoalan zakat sudah banyak dipercayakan kepada lembaga penyalur zakat, yang kini kian banyak bermunculan. Seperti halnya Yatim Mandiri Kota Kediri dengan menyosialisasikan program-program yang digunakan untuk meyakinkan donatur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan teori komunikasi Dengan menggunakan teori komunikasi model Wilbur Schramm dimana komponen-komponenya adalah Source : Sumber, Message : Pesan, Destination : Sasaran. Metode pengumpulan data, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh lima temuan dari Strategi Komunikasi lembaga Yatim Mandiri Kota Kediri dalam menyosialisasikan program - program untuk meyakinkan donatur. Antara lain : Yang pertama, mengunakan pendekatan personal, bertatap muka langsung kepada donatur. Yang kedua, media persuasi, media cetak yaitu berupa kupon, brosur, majalah. media elektronik Melalui website, facebook dan Tv lokal.Yang ke tiga mengatasi hambatan psikologis pegawai, diatasi dengan berpenampilan menarik dan bertutur bahasa yang sopan. Yang ke empat memperoleh persepsi positif donatur, dengan cara sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan donatur. Yang ke lima menghadapi kompetitor, dalam menghadapi kompetitor, Yatim Mandiri menyosialisasikan program unggulan mereka yaitu memandirikan anak yatim. Dari strategi komunikasi tersebut yang paling efektif adalah mengunakan majalah, karena majalah memuat segala hal tentang Yatim Mandiri, mulai dari profil, program, visi – misi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:23
Last Modified: 13 Nov 2019 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item