Ahsani, Muhammad (2013) Studi Komparasi Pemikiran Perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n Tentang Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
02100312026 pra.pdf Download (379kB) |
|
Text
02100312026 TESIS BAB I BARU.pdf Download (437kB) |
|
Text
02100312026 TESIS BAB II BARU. REVISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
02100312026 TESIS BAB III BARU.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
02100312026 TESIS BAB IV BARU.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
02100312026 TESIS BAB V BARU.pdf Download (140kB) |
|
Text
02100312026 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
Situasi sosial dan kultural masyarakat akhir-akhir ini memang semakin mengkhawatirkan. Ada berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Globalisasi dan IPTEK membawa dampak krisis spiritual dan kepribadian, sehingga memunculkan kesenjangan, kekerasan sosial, dan ketidakadilan baik dalam sekolah maupun keluarga. Tantangan inilah yang dihadapi pendidikan Islam dewasa ini. Fokus penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n (b) Bagaimanakah persamaan dan perbedaan konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n (c) Bagaimanakah implementasi konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n dalam pendidikan keluarga dan sekolah. Tujuan penulisan adalah: (a) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n (b) Untuk mengetahui letak persamaan dan perbedaan konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n (c) Untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona dan ‘Abdulla>h Nas}hih Ulwa>n dalam pendidikan keluarga dan sekolah. Metode penulisannya yaitu: deskeriptif analisis, melalui jenis penelitian studi pustaka. Dengan teknik deduksi, teknik induksi, dan teknik content analisis. Penulis menggunakan sumber utama Tarbiyat al-Aulād fi al-Islām dan buku Educatioan for Character (Mendidik Untuk Membentuk Karakter), dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada persamaan konsep dari kedua tokoh tersebut yaitu pada nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan diajarkan pada anak didik. Perbedannya terletak pada kurikulum, kompetensi yang akan dicapai dan strategi pembelajarannya. Dan strategi pembelajaran karakternya, yaitu: desain komprehensif, pendidikan dengan keteladanan, adat kebiasaan, dengan perhatian atau pengawasan, dan pendidikan dengan hukuman.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:39 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 04:39 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8697 |
Actions (login required)
View Item |