Wahida, Anisatul Farhanil (2022) penerapan analisis SWOT untuk pengembangan Wana Wisata Edukasi Manyung (studi kasus Wana Wisata Edukasi Manyung di Dusun Manyung, Desa Bagor Kulon, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931310018_prabab.pdf Download (414kB) |
|
Text
931310018_bab1.pdf Download (231kB) |
|
Text
931310018_bab2.pdf Download (199kB) |
|
Text
931310018_bab3.pdf Download (172kB) |
|
Text
931310018_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
931310018_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
931310018_bab6.pdf Download (37kB) |
|
Text
931310018_daftarpustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Analisis SWOT merupakan suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan keadaan serta mengevaluasi suatu permasalahan, proyek maupun suatu konsep bisnis yang bersandar pada faktor internal (dalam) serta faktor eksternal (faktor luar ialah strengths, weakness, opportunities, serta threats). Sedangkan pengembangan bisnis bertujuan untuk merumuskan suatu strategi yang tepat untuk pengelolaan arah bisnis kedepannya. Pengembangan bisnis sendiri bertujuan untuk mempertahankan bisnis tersebut agar dapat bertahan di tengah semakin ketatnya persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui kondisi dan penerapan analisis SWOT untuk pengembangan Wana Wisata Edukasi Manyung. Dalam hal ini peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menghasilkan data berupa gambar, tulisan, maupun kata-kata yang diucapkan langsung dari seseorang dengan memberikan suatu gejala fenomena atau masalah yang terjadi di lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis SWOT untuk pengembangan Wana Wisata Edukasi Manyung dapat diketahui faktor kekuatan (strength) ialah bisnis wisata satu-satunya dan pertama yang ada di Desa Bagor Kulon, memiliki objek edukasi penyulingan minyak kayu putih, memiliki sumber daya manusia yang aktif. Faktor kelemahan (weakness) yakni pembukuan masih manual, masih jauh dengan campur tangan pemerintah. Selanjutnya, faktor eksternal berupa ancaman (threats) yakni seperti perubahan cuaca, respon negatif dari pengunjung, minat pengunjung. Kemudian faktor peluang (opportunities) ialah pelayanan yang baik, memperhatikan kritik dan saran masyarakat, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat lokal. Dari hasil analisis SWOT terhadap Wana Wisata Edukasi Manyung, maka strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kelangsungan wisata ini dengan memperhatikan kekurangan serta mengambil peluang yang ada antara lain seperti mempertahankan kualitas pelayanan serta kualitas sarana dan prasarana yang ada di Wana Wisata, meningkatkan promosi di media sosial, melakukan perbaikan di bagian fasilitas parkir pengunjung. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya ialah menjaga hubungan baik dengan pengunjung juga dapat meningkatkan citrabaik wisata maupun menjaga kepercayaan dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Anisatul Farhanil Wahida |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:45 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 04:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8678 |
Actions (login required)
View Item |