Mukaromah, Alfiatul (2023) Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Untuk Menangkal Radikalisme Di Mtsn 9 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932101219_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932101219_bab1.pdf Download (467kB) |
|
Text
932101219_bab2.pdf Download (583kB) |
|
Text
932101219_bab3.pdf Download (355kB) |
|
Text
932101219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
|
Text
932101219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
|
Text
932101219_bab6.pdf Download (271kB) |
|
Text
932101219_daftarpustaka.pdf Download (425kB) |
Abstract
Agama Islam merupakan agama yang rahmatan lil ‘alamin yaitu memiliki arti agama yang damai bagi seluruh alam serta mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Tetapi faktanya masih banyak praktek beragama yang jauh dari hakikat Islam yang rahmatan lil ‘alamin itu sendiri, pemahaman yang radikal dalam beragama banyak terjadi pada remaja dimana masa-masa seseorang mencari jati diri. Dalam hal ini, peran lembaga Madrasah sangatlah penting dalam menanamkan serta mengimplementasikan pendidikan moderasi beragama sebagai ikhtiar dalam membentengi siswa dari pemahaman yang radikal dalam beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan dalam menanamkan pendidikan moderasi beragama di MTsN 9 Nganjuk, (2) Bagaimana implementasi pendidikan moderasi beragama di MTsN 9 Nganjuk, (3) Bagaimana hasil implementasi pendidikan moderasi beragama di MTsN 9 Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, paparan data atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Dengan model analisis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan penanaman serta implementasi pendidikan moderasi beragama di MTsN 9 Nganjuk dilakukan disetiap elemen lembaga madrasah, diantaranya melalui sosialisasi serta character building training dan pelembagaan pendidikan moderasi beragama ke dalam kebijakan madrasah. Dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan moderasi beragama di setiap kegiatan pembelajaran dengan menanamkan (1) Pendidikan damai, menghormati hak asasi manusia dan persahabatan antara bangsa, ras dan kelompok agama, (2) Pendidikan yang memuat ajaran toleransi dan pluralisme, (3) Pendidikan yang anti radikalisme dan kekerasan, (4) Pendidikan yang mengajarkan komitmen kebangsaan/Nasionalisme, (5)Pendidikan yang menyeimbangkan antara wawasan intelektual, wawasan spiritual, akhlak yang baik, dan keterampilan okasional. Implementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragama di MTsN 9 Nganjuk tersebut membuahkan siswa dengan pemikiran beragama dan akhlak yang mencerminkan sikap Tawassuth, Tawazun, Tasamuh dan I’tidal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfiatul Mukaromah |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:13 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8658 |
Actions (login required)
View Item |