Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktek Perbedaan Harga Jual Produk HNI-HPAI Oleh Agen (Studi Kasus Para Agen Di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan)

Alfiyani, Rizqiyah Ainun (2022) Tinjauan Sosiologi Hukum Islam Terhadap Praktek Perbedaan Harga Jual Produk HNI-HPAI Oleh Agen (Studi Kasus Para Agen Di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931208918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931208918_bab1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
931208918_bab2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
931208918_bab3.pdf

Download (52kB)
[img] Text
931208918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
931208918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
931208918_bab6.pdf

Download (36kB)
[img] Text
931208918_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
931208918_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

Harga dapat menciptakan ketidakseimbangan di pasar. Artinya dapat menimbulkan kerugian bagi pembeli atau penjual yang merupakan kedzaliman. Maka pasar tidak dapat dipisahkan dari aturan syariah, termasuk penetapan harga dan terjadinya transaksi di pasar. Penetapan harga dan mekanisme pasar dalam pandangan Islam harus dibangun atas beberapa prinsip yaitu prinsip ar-riḍa keterbukaan, keadilan dan kejujuran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbuatan agen HNI-HPAI yang memberikan harga berbeda tidak sesuai dengan penerapan fatwa kode etik agen HNI-HPAI. Selain itu agen juga tidak memberikan hak member berupa poin. Dalam penerapan fatwa kode etik agen terdapat beberapa agen yang tidak menerapkannya Karena agen perlu mencapai target yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perilaku agen dalam memberikan harga yang berbeda dan perilaku agen mengambil hak member berupa poin di kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan sosiologis atau socio-legal Research, yaitu pendekatan penelitian yang mengkaji persepsi dan perilaku hukum orang (manusia dan badan hukum) yang terjadi di lapangan. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, Objek penelitian ini dilakukan di kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Perilaku agen dalam memberikan harga berbeda dari ketentuan perusahaan terjadi karena kurangnya pengetahuan pemahaman prinsip penetapan harga dalam hukum Islam, sehingga untuk menerapkan bisnis ini, agen tidak mempertimbangkan konsep hukum Islam sebagai patokan dalam menjalankan bisnis, selain itu kurangnya kesadaran agen terkait adanya kode etik agen. 2) Perilaku agen tidak memberikan hak member berupa poin, berarti agen tidak menjalankan amanat dari perusahaan, agen hanya memberikan janji kepada member bahwa bonus akan diberikan apabila poin sudah terkumpul namun sampai saat ini bonus tersebut tak kunjung diberikan kepada member. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman agen mengenai konsep amanah dalam hukum Islam. Sehingga dalam menjalankan bisnis MLM ini agen tidak mempertimbangkan konsep hukum Islam sebagai patokan dalam melangsungkan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180119 Law and Society (Hukum dan Masyarakat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012701 Bai’, Tijarah (Trading)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizqiyah Ainun Alfiyani
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:39
Last Modified: 14 Jun 2023 01:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item