Kirana, Ngesti Dewi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Alat-Alat Bersuci Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Kelas VII-H Mtsn 5 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932124619_prabab.pdf Download (972kB) |
|
Text
932124619_bab1.pdf Download (238kB) |
|
Text
932124619_bab2.pdf Download (359kB) |
|
Text
932124619_bab3.pdf Download (319kB) |
|
Text
932124619_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932124619_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Text
932124619_daftarpustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
932124619_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932124619_publikasi.pdf Download (59kB) |
Abstract
ABSTRAK NGESTI DEWI KIRANA, Dosen Pembimbing Dr. FARTIKA IFRIQIA, M.Pd., dan Dr. M. ALIM KHOIRI, S.HI., M.Sy., Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Video Animasi Berbasis Powtoon pada Materi Alat-Alat Bersuci untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Kelas VII-H MTsN 5 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Media Pembelajaran, Fikih, Hasil Belajar Kemajuan teknologi bisa dirasakan dalam segala lini. Sekolah mulai mengedepankan IPTEK sebagai bekal peserta didiknya. Oleh karena itu, guru dituntut menyesuaikan kondisi tersebut untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Namun faktanya, inovasi dan kreativitas guru dalam menciptakan perangkat pembelajaran masih rendah. Pasalnya, kebanyakan guru mengedepankan hasil belajar yang “terlihat” tinggi dengan memberikan peserta didik banyak tugas. Di sisi lain, siswa juga membutuhkan perangkat pembelajaran yang mudah diakses karena faktor terbatasnya sumber belajar cetak. Dari kondisi tersebut dapat dilakukan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran edutainment yang mendidik dan menghibur. Salah satunya dengan video animasi berbasis powtoon. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) membuat langkah-langkah pengembangan media pembelajaran edutainment video animasi berbasis powtoon, (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran edutainment video animasi berbasis powtoon, dan (3) mengidentifikasi peningkatan hasil belajar fikih materi bersuci pada peserta didik kelas VII-H MTsN 5 Nganjuk. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian Lee Owens yang melalui lima tahapan pengembangan, yang diawali dengan tahapan analysis, design, define, implementation, and evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 5 Nganjuk dengan mengambil kelas VII pada program reguler yang terdiri dari dua rombel kelas. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran edutainment video animasi berbasis powtoon mendapat penilaian kualifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh nilai dari ahli materi mendapat nilai 96% dan ahli media mendapat nilai 79%. Dari hasil uji lapangan mendapat kualifikasi layak dari semua subjek validasi uji lapangan, dengan efektivitas uji coba kecil sebesar84,55% dan efektivitas uji coba besar sebesar 83,26%.Penerapan media pembelajaran edutainment video animasi berbasis powtoon menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Sebelum penerapan media pembelajaran edutainment video animasi berbasis powtoon, hasil belajar dalam bentuk pre-test hanya mencapai rata-rata sebesar 57,75. Setelah menggunakan video animasi berbasis powtoon, hasil belajar dalam bentuk post-test siswa mengalami peningkatan dan mencapai rata-rata 95,86. Hal ini menunjukkan peningkatan secara signifikan sebesar 66% dengan jumlah 29 peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ngesti Dewi Kirana |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 07:51 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 07:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8636 |
Actions (login required)
View Item |