Pengembangan Media Flash Card Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Akhlak Anak Usia Dini

Muhafaf, Siti Mirna Nawi (2023) Pengembangan Media Flash Card Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Akhlak Anak Usia Dini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932101019_prabab.pdf

Download (856kB)
[img] Text
932101019_bab1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932101019_bab2.pdf

Download (599kB)
[img] Text
932101019_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
932101019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932101019_bab5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932101019_daftar_pustaka.pdf

Download (433kB)
[img] Text
932101019_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
932101019_Lembar Publikasi (Siti Mirna Nawi Muhafaf).pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan menguji kelayakan media flash card sebagai upaya meningkatkan pemahaman akhlak anak usia dini. Penelitian melibatkan sebanyak 17 anak usia dini di Dusun Sumberyuyu. Pengembangan dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan peneliti disalah satu desa tarokan. Sesuai data yang diperoleh bahwa di Dusun Sumberyuyu sebagian besar anak usia dini memiliki kebiasaan berkata kasar. Hal demikian dikarenakan anak terpengaruh pada salah satu film dewasa komedi woko channel yang penyampaian komunikasinya menggunakan bahasa sangat sarkas, maka dari itu adanya alat sangat dibutuhkan sebagai penangkal dari kebiasaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini ialah RnD (Research & development) dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry dalam penerapanya menggunakan lima tahap, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Teknik pengupulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengisian angket. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis kelayakan media yang dapat diketahui berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan respon orang tua. Adapun Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan dilakukan dengan menganalisis masalah, mendesain, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi produk. Media yang dihasilkan berupa kartu yang berisi gambar-gambar. Kartu tersebut memiliki warna yang bervariasi, dilengkapi dengan keterangan dibelakangnya sesuai gambar yang disajikan; 2) Tingkat kelayakan media flash card dinyatakan sangat tinggi karena berada pada 61%-100% diperoleh dari lima pakar yaitu validasi ahli materi total skor 97% dengan konversi layak digunakan, ahli media mendapat tingkat kelayakan 93% dengan konversi sangat layak. Penilaian yang diberikan oleh ahli bahasa mendapat total skor 69% dengan konversi layak diterapkan dengan beberapa revisi sesuai denan saran. Hasil uji coba kelompok kecil memiliki rata-rata 95% dan uji coba kelompok operasional medapat total 95% dengan kategori sangat layak dan media dapat dikatakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan pehamanan anak terkait akhlak kepada sesama manusia. Skor tersebut diperoleh sesuai dengan perhitungan angket pada respon orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Mirna Nawi Muhafaf
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:00
Last Modified: 12 Jun 2023 08:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item