Strategi Fundraising dalam Meningkatkan Jumlah Donasi di Lembaga Amil Zakat Ummul Quro ditinjau dari Manajemen Syariah

Andriani, Andriani (2023) Strategi Fundraising dalam Meningkatkan Jumlah Donasi di Lembaga Amil Zakat Ummul Quro ditinjau dari Manajemen Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931304317_bab1.pdf

Download (346kB)
[img] Text
931304317_bab2.pdf

Download (476kB)
[img] Text
931304317_bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
931304317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
931304317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
931304317_bab6.pdf

Download (323kB)
[img] Text
931304317_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
931304317_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931304317_SuratPernyataanPublikasi_Andriani.pdf

Download (149kB)

Abstract

ANDRIANI, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., MEI dan Moch. Zainuddin, M.EI STRATEGI FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH DONASI DI LEMBAGA AMIL ZAKAT UMMUL QURO DITINJAU DARI MANAJEMEN SYARIAH, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Fundraising, Donasi, LAZ Ummul Quro Strategi adalah upaya yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial serta digunakan untuk meningkatkan segala upaya untuk perkembangan lain yang lebih baik. Maka dari itu penulis mengambil strategi fundraising menjadi judul penulis dalam upaya meningkatkan jumlah donasi di LAZ Ummul Quro dengan fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana strategi fundraising dalam meningkatkan jumlah donasi pada LAZ Ummul Quro Jombang? 2) Bagaimana strategi fundraising dalam meningkatkan jumlah donasi pada LAZ Ummul Quro Jombang ditinjau dari Manajemen Syariah?. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) strategi fundraising dalam meningkatkan jumlah donasi yang dilakukan LAZ Ummul Quro dengan menggunakan 2 metode yaitu penghimpunan secara langsung (direct fundraising) dengan cara terjun langsung kelapangan untuk bersosialisasi dengan calon donatur untuk memperkenalkan program-program serta melalui media benner, brosur, majalah dan penghimpunan secara tidak langsung (indirect fundraising) dengan menggunakan media sosial berupa, instagram, facebook, whatsapp, youtube, dan tik-tok. 2) Strategi fundraising LAZ Ummul Quro dalam meningkatkan jumlah donasi ditinjau dari manajemen syariah dari segi audit keuangan sudah WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tiga kali berturut turut dengan menggunakan auditor yang independent dan mendatangkan setiap tahunnya serta memberikan laporan secara rutin. Selain itu LAZ Ummul Quro merupakan salah satu LAZ dengan hasil audit syariah terbaik di Jawa Timur sejak audit syariah dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: ANDRIANI ANDRIANI
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:48
Last Modified: 12 Jun 2023 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8620

Actions (login required)

View Item View Item