Khakim, M. Luqman (2023) Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
21501028_prabab.pdf Download (5MB) |
|
Text
21501028_bab1.pdf Download (443kB) |
|
Text
21501028_bab2.pdf Download (419kB) |
|
Text
21501028_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
|
Text
21501028_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
|
Text
21501028_bab5.pdf Download (91kB) |
|
Text
21501028_daftarpustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
21501028_suratpernyataan.pdf Download (636kB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter individu dan kehidupan yang lebih baik. Namun, terkadang fokus hanya pada transfer ilmu tanpa memperhatikan pendidikan karakter. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memperhatikan nilai-nilai pendidikan karakter agar dapat membentuk karakter yang baik pada generasi muda. Pendidikan akhlak menjadi sangat penting dalam Pendidikan Agama Islam di Indonesia untuk mengatasi krisis moral yang terjadi. Nilai-nilai pendidikan akhlak harus menjadi bahasan strategis dalam membentuk karakter generasi muda yang baik. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1).Bagaimana konsep pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa? (2).Bagaimana relevansi antara pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa dengan pendidikan karakter di Indonesia?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, digunakan metode Library Research dengan pendekatan Kualitatif. Sumber data primer berasal dari kitab Washoya al Abaa Lil Abnaa, dan data sekunder berasal dari berbagai tulisan yang berkaitan dengan konsep Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan Content Analysis.. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1). Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab Washoya al-Abaa lil Abnaa menekankan pentingnya menanamkan pendidikan akhlak yang baik pada anak didik dengan tujuan menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan menjadi khalifah yang baik di dunia ini. Pendekatan pendidikan akhlak ini didasarkan pada Al-Quran dan Hadits serta dapat dijadikan acuan dalam membangun karakter dan moral yang baik bagi masyarakat Indonesia. (2). Penelitian ini juga menemukan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al Abaa Lil Abnaa relevan dengan pendidikan karakter di Indonesia. Hal ini disebabkan karena pendidikan akhlak merupakan salah satu bentuk dari pendidikan karakter, dan pendekatan yang diambil dalam Kitab Washoya sejalan dengan nilai dan tujuan pendidikan karakter di Indonesia. Dengan menggunakan Washoya Al Abaa Lil Abnaa sebagai inspirasi, Indonesia dapat membentuk karakter nasional yang bermartabat, unggul, dan berakhlak mulia serta sadar akan Tuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Luqman Khakim |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 01:35 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 01:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8610 |
Actions (login required)
View Item |