Muzammil, Ahmad (2023) Peran strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan (Studi pada Bengkel Cepoko Jaya Motor di Desa Cepoko Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931305916_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931305916_bab1.pdf Download (627kB) |
|
Text
931305916_bab2.pdf Download (495kB) |
|
Text
931305916_bab3.pdf Download (348kB) |
|
Text
931305916_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Text
931305916_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
931305916_bab6.pdf Download (188kB) |
|
Text
931305916_daftarpustaka.pdf Download (390kB) |
|
Text
931305916_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
931305916_sp.pdf Download (344kB) |
Abstract
Kunci sukses agar bengkel memiliki nilai kualitas yang baik adalah dengan memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas tentu menjadi harapan bagi para pelanggan. Di Desa Cepoko Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk terdapat Bengkel sepeda motor yang dikenal oleh masyarakat sebagai bengkel yang dapat menangani perbaikan motor yang tidak dapat diperbaiki oleh bengkel lainnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meninjau kembali strategi pelayanan pada bengkel Cepoko Jaya Motor di Desa Cepoko Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitan deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Bengkel Cepoko Jaya Motor RT. 01 RW. 03 Desa Cepoko Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: Observasi, Wawancara, dan Pencatatan dokumen. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa Strategi pelayanan pada Bengkel Cepoko Jaya Motor adalah Dari segi keandalan terletak pada kemampuan karyawan memperbaiki kendaaran, Kerapihan hasil dan perbaikan yang tepat waktu; Dari segi daya tanggap cepat tanggap selalu siap memberikan pelayanan kepada para pelanggan dengan maksimal dan secara teliti; Dari segi kepastian/jaminan (assurance), hasil perbaikan motor sesuai dengan keinginan pelanggan atau standar kualitas motor dan jaminan pengembalian pembelian barang dari toko jika ada barang yang rusak atau cacat; Dari segi empati/kepedulian (empathy), karyawan yang ramah dan memberikan bantuan yang diperlukan oleh pelanggan; Dari segi bukti fisik (tangibles) di Bengkel Cepoko Jaya Motor terdapat ruang tunggu dengan fasilitas seperti tempat duduk, kipas angin, televisi, dan audio sistem serta minuman gratis untuk para pelanggan. Dari segi kelengkapan layanan Bengkel Cepoko Jaya motor memiliki menu yaitu tune up, servis ringan dan servis berat. Peran strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada bengkel Cepoko Jaya Motor ditunjukkan pada memberikan rasa kenyamanan pada pelanggan; Meningkatkan kepercayaan pelanggan; dan Menumbuhkan sikap loyalitas pelanggan. Dengan demikian strategi pelayanan Bengkel Cepoko Jaya Motor berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ahmad Muzzamil |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:48 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8598 |
Actions (login required)
View Item |