Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa MTs Al-Fajar Kandat Kediri

Satriawan, Dimas Adam (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa MTs Al-Fajar Kandat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932113618_prabab.pdf

Download (512kB)
[img] Text
932113618_bab1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932113618_bab2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932113618_bab3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932113618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
932113618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
932113618_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932113618_daftarpustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932113618_sp.pdf

Download (358kB)

Abstract

ABSTRAK Dimas Adam Satriawan, Doses Pembimbing Dr. Hj. Mu’awanah, M,pd dan Zakiyatus Soimah, M.H.I : Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa MTs Al-Fajar Kandat Kediri Kata Kunci : Peran Guru Akidah Akhlak, Akhlak Mulia Tugas guru dalam mendidik siswa adalah membiasakan prilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya sekedar pengetahuan saja. Baik dalam lembaga pendidikan umum atau berbasiskan Agama Islam, dalam lembaga pendidikan berbasis Agama Islam lebih ditekankan lagi masalah akhlak karena dalam Islam dikenal bahwa Allah mengutus nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak manusia. MTs Al Fajar merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di Kandat Kediri. Sekolah ini juga adalah salah satu sekolah menengah pertama yang berbasis agama atau pondok pesantren, meskipun di sekolah ini sudah melakukan dan menerapkan pendidikan akhlak kepada para siswanya. Bentuk pendidikan akhlak adalah penanaman serta pembiasaan yang dilakukan oleh pendidikan khususnya guru agama untuk memberikan pembiasaan yang baik guuna tercipa siswa yang mumpunyai karakter akhlakul karimah Namun, dari hasil observasi awal yang telah dilakukan, masih adanya berbagai permasalahan tentang akhlak di sekolah ini, dimana masih banyaknya siswa yang tidak melakukan kewajibannya sesuai dengan peraturan yang diwajibkan bagi seorang siswa, terutama peraturan yang dibuat sekolah itu sendiri. Sedangkan metode penelitian yang dipakai menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia Siswa di MTs Al-Fajar Kandat meliputi beberapa cara yaitu, a. Mendidik siswa, b. Mengajar siswa, dan c. Membimbing siswa, 2) Strategi Apa Yang Tepat dalam Membentuk Akhlaq Mulia Kepada Siswa di MTs Al Fajar Kandat Kediri. Dalam hal ini meliputi 4 cara yaitu, a. Pembentukan RPP, b. Pemberian tugas, c. Pemberian hukuman, dan d. Pembiasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040302 Morals and Sufism (Akhlak dan Tasawuf) > 2204030201 Morals (Akhlak)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimas Adam Satriawan
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:33
Last Modified: 14 Jun 2023 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8572

Actions (login required)

View Item View Item