Maharani, Afriel Mutiara (2023) Pengembangan Media Komika (Komik Matematika) Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Materi Bangun Ruang Prisma Dan Limas Di Kelas V Inklusi MI Ypsm Mangiran Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932612819_prabab-1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612819_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612819_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612819_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
932612819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
932612819_bab5.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612819_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932612819_sp.pdf Download (368kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik berkebutuhan khusus terhadap materi bangun ruang prisma segitiga dan limas segiempat yang disebabkan oleh kurangnya pengadaan media pembelajaran. Penggunaan media KOMIKA (Komik Matematika) diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik berkebutuhan khusus terhadap materi bangun ruang prisma segitiga dan limas segiempat. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) pengembangan media KOMIKA materi bangun ruang prisma dan limas di kelas V Inklusi MI YPSM Mangiran Badas, (2) efektivitas dan kevalidan media KOMIKA untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V Inklusi MI YPSM Mangiran Badas pada materi bangun ruang prisma dan limas, (3) pemahaman peserta didik kelas V inklusi MI YPSM Mangiran Badas tentang materi bangun ruang prisma dan limas setelah dilakukan pengembangan media KOMIKA. Pengembangan media KOMIKA ini menggunakan jenis penelitian research and development (RnD) dengan model ADDIE yang mengadaptasi teori dari Lee dan Owens. Terdapat 5 tahap dari penelitian dan pengembangan model ini yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Adapun tahap analisis dilakukan untuk menganalisis lokasi penelitian, prioritas masalah, karakteristik peserta didik, hingga kemampuan pengembangan media. Pada tahap perancangan, storyline dan storyboard mulai dirancang yang kemudian akan dikembangkan dan divalidasi pada tahap development. Media yang telah divalidasi dan direvisi selanjutnya akan diimplementasikan pada peserta didik berkebutuhan khusus. Selanjutnya pada tahap evaluasi, data yang telah terkumpul mulai dari uji validasi serta pre-test dan post-test dianalisis untuk mengetahui ketercapaian tujuan penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara pra-penelitian, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) media KOMIKA yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di kelas V inklusi MI YPSM Mangiran Badas terhadap materi bangun ruang prisma segitiga dan limas segiempat dengan pendekatan matematika realistik, (2) media KOMIKA dinyatakan “sangat valid” untuk diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus kelas V inklusi pada pembelajaran matematika karena memiliki persentase sebesar 88,5% dari aspek visual, 95% dari segi materi, dan 82,8% dari segi kebahasaan, serta dinyatakan “cukup efektif” sebagai media pembelajaran peserta didik berkebutuhan khusus di kelas inklusi karena memiliki persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,6%.(3) terdapat peningkatan pemahaman belajar pada peserta didik berkebutuhan khusus terhadap materi bangun ruang prisma dan limas setelah dilakukan pengembangan media KOMIKA, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai post-test, ketercapaian indikator pemahaman, serta kemandirian dalam mengerjakan soal post-test.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING (Studi Seni Kreatif dan Menulis) > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Afriel Mutiara Maharani |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:18 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8565 |
Actions (login required)
View Item |