Suhendra, Amara Gandha Daratika Awalia (2022) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Peljaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VIIIDi SMPN2 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932141118_prabab.pdf Download (713kB) |
|
Text
932141118_bab1.pdf Download (442kB) |
|
Text
932141118_bab2.pdf Download (479kB) |
|
Text
932141118_bab3.pdf Download (517kB) |
|
Text
932141118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932141118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text
932141118_bab6.pdf Download (155kB) |
|
Text
932141118_daftarpustaka.pdf Download (275kB) |
|
Text
932141118_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (AMARA).pdf Download (157kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan implementasi blended learning atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran hybrid learning yakni dengan memadukan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi dengan pembelajaran berbasis kelas/tatap muka. Hal ini dikarenakan pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti terdapat permasalahan-permasalahan yang nantinya akan dilakukan penelitian untuk menjawab serta memberi solusi terbaik untuk kedepannya. Selain itu, dalam era digital seperti sekarang ini semakin hadirnya teknologi-teknologi terbaru membuat kita semua sebagai pengguna harus bisa terampil dan menggunakan dengan sebaik�baiknya. Dalam hal ini, beberapa penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa kelas yang diajar dengan menggunakan Media Video dan kelas yang diajar dengan menggunakan aplikasi Media Google Form serta untuk mengetahui keefektivitasan terhadap minatbelajar PAI pada materi meyakini kitab-kitab Allah Swt siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-F dan VIII-I yang dipilih melalui teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu minat belajar PAI (Y) sedangkan variabel bebasnya yaitu pembelajaran berbasis elearning menggunakan media video (X1) dan media google form (X2). Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent Sample T-test, Uji F, dan Anova One Way. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan bahwa pada kelas dengan media pembelajaran Video diperoleh hasil prosentase 80% sedangkan pembelajaran menggunakan media google form diperoleh hasil prosentase 70%. Hasil pengujian statistik inferensial dengan uji F Anova One Way dengan nilai signifikansi p= 0,000 < α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian media pembelajaran Video dan Google Form efektiv terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 2 Ngadiluwih.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Amara Gandha Daratika Awalia |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:41 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 08:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8564 |
Actions (login required)
View Item |