تطوير الكتاب التعليمي على أساس متن الأجرومية بالمدخل المعرفي لترقية كفاءة النحو لدى طلاب المستوى المبتدئ بمعهد الحكمة فوروا أسري كديري

Jamaluddin, Ahmad (2023) تطوير الكتاب التعليمي على أساس متن الأجرومية بالمدخل المعرفي لترقية كفاءة النحو لدى طلاب المستوى المبتدئ بمعهد الحكمة فوروا أسري كديري. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20503002_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20503002_bab1.pdf

Download (704kB)
[img] Text
20503002_bab2.pdf

Download (763kB)
[img] Text
20503002_bab3.pdf

Download (730kB)
[img] Text
20503002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20503002_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
20503002_bab6.pdf

Download (359kB)
[img] Text
20503002_daftarpustaka.pdf

Download (491kB)
[img] Text
20503002_suratpernyataan.pdf

Download (319kB)

Abstract

ABSTRAK Jamaluddin, Ahmad, 2022. Pengembangan Buku Ajar Nahwu Kitab Jurumiyah dengan Pendekatan Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Bidang Nahwu di Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri, Tesis, Pembimbing: 1). Dr. Umar Faruq, M.Fil. 2). Dr. Yuyun Zunairoh, M.Pd.. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran Kognitif, Nahwu Ilmu nahwu memiliki peranan penting dalam kehidupan seorang murid, sehingga pengajarannya harus tepat dan benar. Model pembelajaran yang selama ini ada dibanyak pondok pesantren masih menggunakan metode-metode tradisional- metode bandongan. Dimana seorang santri pasif dalam proses belajar mengajar, hal inilah yang kemudian hari berdampak pada kurangnya minat belajar murid serta kemampuan menerapkan teori nahwu sangat rendah, dan selanjutnya akan berdampak pada pada hasil belajar mereka yang tidak mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, pembelajaran nahwu hendaknya didesain berdasar pendekatan kognitif, yaitu pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif murid. Sehingga pada akhirnya murid dapat belajar sesuai dengan kemampuan yang ia miliki dan untuk membuat murid agar lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan bahan ajar yang ada dengan pendekatan kognitif karena melihat pentingnya bahan ajar itu sendiri dalam proses belajar mengajar. 2) untuk mengetahui efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan dan diterapkan pada santri tingkat awal Pondok Pesantren Al-Hikmah Purwoasri Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D dengan desainnya Borg and Gall yang terdiri dari: analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini adalah: 1) tersusunnya bahan ajar nahwu dengan pendekatan kognitif dengan berpedoman pada hasil analisis kebutuhan santri. 2) karakteristik bahan ajar nahwu dengan pendekatan kognitif yaitu, buku ajar disusun dengan pendekatan kognitif menurut jean peaget yang terdiri dari organisasi, adaptasi yang meliputi asimilasi dan akomodasi. 3) berdasar data penelitian yang dikumpulkan dari analisis angket ahli sebagai validator dalam produk ini adalah baik dan bahan ajar ini bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan murid pada pelajaran nahwu yang mana uji coba menggunakan pre-test dan post-test dengan hasil pre-test 65,6 dan hasil post-test meningkat menjadi 79. Ini menunjukkan bahwa kemampuan murid dalam pelajaran nahwu tergolong tinggi. Berdasarkan analisis hasil diketahui bahwa nilai perhitungan Thitung (16,04) lebih besar dari nilai T-tabel pada taraf validasi 0,05% (2,06) yang berarti hipotesis sebelumnya dapat diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat berpengaruh terhadap motivasi dan peningkatan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Jamaluddin
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:48
Last Modified: 20 Jun 2023 06:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item View Item