Mala, Siska Nur (2023) Peran digital marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah ditinjau dari marketing syariah studi kasus BANK MUAMALAT KCP MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931420118 _PRA BAB.pdf Download (253kB) |
|
Text
931420118_BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
931420118 BAB_II.pdf Download (219kB) |
|
Text
931420118 BAB_III.pdf Download (175kB) |
|
Text
931420118 BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
931420118 BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
931420118 BAB_VI.pdf Download (34kB) |
|
Text
931420118_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text
931420118_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text
Siska SPU.pdf Download (326kB) |
|
Text
Siska SPU.pdf Download (326kB) |
Abstract
Peran digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan media digital yang dilakukan oleh perbankan syariah agar dapat meningkatkan jumlah nasabah dengan menggunakan pemasaran media online. Pada akhir tahun 2020 Bank Muamalat KCP Madiun mengalami penurunan jumlah nasabah akibat virus covid-19, pada awal tahun 2021 Bank Muamalat KCP Madiun menggunakan digital marketing untuk meningkatkan jumlah nasabah tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab terkait pelaksanaan digital marketing pada Bank Muamalat Madiun dan Peranya dalam meningkatkan jumlah nasabah yang kemudian ditinjau dari marketing syariah. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis studi kasus. Data yang digunakan data primer dan data sekuner. Teknik data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi, tahap-tahap penelitian yaitu sebelum ke lapangan, tahap penelitian ke lapangan, tahap analisis data, tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan digital marketing pada Bank Muamalat Madiun menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Wa blast dan e-mail untuk konfirmasi atas aktivasi mobile banking. Selain itu adanya pemanfaatan media Youtube melalui pembuatan konten menarik. Strategi digital marketing pada Bank Muamalat Madiun juga dilakukan dengan metode push marketing dan pull marketing. Melalui digital marketing ini, Bank Muamalat Madiun dapat meningkatkan jumlah nasabah dari tahun 2020 ke 2021. Berdasarkan berbagai media yang digunakan, Wa blast memiliki kontribusi paling besar. Berdasarkan tinjauan marketing syariah, indikator teistis, etis, dan realistis telah terpenuhi. Namun pada indikator humanistis terdapat sedikit ketidaksesuaian atas pelaksanaan digital marketing yang menggunakan teknologi daripada tenaga manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siska Nur Mala |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 07:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 07:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8522 |
Actions (login required)
View Item |