Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al Manar Prambon Kabupaten Nganjuk

Arzaqi, M. Alvin (2022) Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Al Manar Prambon Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932408818_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932408818_bab1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
932408818_bab2.pdf

Download (741kB)
[img] Text
932408818_bab3.pdf

Download (547kB)
[img] Text
932408818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932408818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
932408818_bab6.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932408818_daftarpustaka.pdf

Download (520kB)
[img] Text
932408818_lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al Manar Prambon. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Implementasi kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Ma Al Manar Prambon. 2). Kriteria kinerja guru di Ma Al Manar Prambon. 3). Hasil implementasi kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Ma Al Manar Prambon. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya mengunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala Ma Al Manar Prambon, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan 1 guru Ma Al Manar Prambon. Teknik analisis datanya yang digunakan yaitu dengan mengunakan reduksi data, penyajuan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Implementasi kepemimpinan situasional kepala madrasah Ma Al Manar Prambon dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan dengan menerapkan 4 gaya yaitu (a). Instruktif (Telling) meliputi pemberian instruksi menyusun program kurikulum pembelajaran atau RPP dan instruksi menerapkan dan membiasakan prinsip kedisiplinan budaya malu guru madrasah. (b). Konsultatif (Selling) dengan melaksanakan rapat dinas untuk merencanakan, mengevaluasi dan memonitoring pelaksanaan kurikulum pembelajaran yang telah dilaksanakan guru. (c). Partisipatif (Participating) dilakukan dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan program MGMP dan KKG se-Kecamatan Prambon. (d). Delegatif (Delegating) dilaksanakan dengan memberikan kebebasan berkreativitas terhadap guru Ma Al Manar Prambon. 2). Kriteria kinerja guru di Ma Al Manar Prambon meliputi lima aspek yaitu: (a). Quantity Of Work atau pembagian jumlah kerja guru Ma Al Manar Prambon secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan baik sesuai surat keputusan kepala madrasah dengan jumlah total 696 jam mengajar selama periode tahun pelajaran 2021/2022. (b). Quality Of Work atau kualitas kerja guru Ma Al Manar Prambon secara praktis dikategorikan baik yang ditunjukkan dengan mahirnya guru dalam menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). (c). Job Knowladge atau luasnya pengetahuan guru secara keseluruhan terbilang baik karena didukung dengan program pengembangan wawasan kompetensial seperti program pendidikan profesi dan seminar atau workshop. (d). Creativeness atau kreativitas guru Ma Al Manar Prambon terbilang baik yang ditunjukkan dengan penerapan gaya dan metode pembelajaran bervariasi. (e). Coorperation atau kerja sama guru dikategorikan baik, mendukung, dan saling melengkapi satu sama lain yang dibuktikan dengan adanya pembentukan tim akreditasi Ma Al Manar Prambon. 3). Hasil kepemimpinan situasional kepala Ma Al Manar Prambon meliputi: (a). Dengan menerapkan konsultatif atau Selling epala madrasah mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi anggota dewan guru yang baru mengajar di Ma Al Manar Prambon. (b). pada praktik konsultatif atau Selling kepala Ma Al Manar Prambon mampu menjalin hubungan keakraban dengan guru maupun semua bawahan yang lain sehingga terciptanya suasana kerja yang harmonis. (c). Dalam menerapkan instruktif atau Telling kepala madrasah mampu menanamkan prinsip kedisiplinan dalam bentuk budaya malu terhadap semua guru Ma Al Manar Prambon. Dan (d). Dengan mengaplikasikan partisipatif atau Participating dalam bentuk mengikutsertakan guru dalam pelaksanaan MGMP dan KKG se-Kecamatan Prambon, kepala madrasah mampu membangun komitmen semangat kerja guru sehingga berdampak pada peningkatan prestasi almamater Ma Al Manar Prambon.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Depositing User: M. Alfin Arzaqi
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:00
Last Modified: 05 Jun 2023 03:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item