Musthofa, Abdul Hamid (2023) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Hadis Arba’in An-Nawani Karya Imam Nawawi Terhadap Pendidikan Islam Di Era 4.0. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
HALAMAN.pdf Download (335kB) |
|
Text
Tesisiipp-BAB-I.pdf Download (478kB) |
|
Text
Tesisiipp-BAB-II.pdf Download (317kB) |
|
Text
Tesisiipp-BAB-III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text
Tesisiipp-BAB-IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
Text
Tesisiipp-BAB-V.pdf Download (164kB) |
|
Text
Daftar-pustaka.pdf Download (416kB) |
|
Text
HALAMAN-3.pdf Download (136kB) |
Abstract
ABDUL HAMID MUSTHOFA. Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Hadis Arba’in An-Nawawi Karya Imam Nawawi Terhadap Pendidikan Islam Di Era 4.0. Dosen Pembimbing: Dr. Muhamad Yasin, S.Ag, M.Pd. dan Dr. H. Muniron, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Arba’in An-Nawawi, Pendidikan Islam di Era 4.0. Karakter dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu sifat- sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Menurut (Kemendiknas, 2010: 44), karakter diartikan sebagai tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang daripada yang lain. Melihat kenyataan pada zaman saat ini, karakter seseorang bisa dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat pada zaman yang ditandai dengan perkembangan dan kemajuan khususnya dalam kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat dan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pola pikir manusia. Pada era 4.0 ini manusia lebih memilih hasil dari teknologi yang lebih canggih, sehingga secara tidak langsung pada era 4.0 akan adanya perubahan pada karakter seseorang dalam menyikapi dan menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah 1. Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Arba’in An-Nawawi? 2. Bagaimana relevansi nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab hadis Arba’in An-Nawawi terhadap pendidikan Islam di era 4.0? Penelitian ini tergolong jenis penelitian dalam lingkup kepustakaan “library research” dikarnakan sumber datanya berasal dari literatur atau teks tertulis. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik penulisan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab hadis Arba’in An-Nawawi karya Imam Nawawi banyak terkandung nilai-nilai pendidikan, khususnya pendidikan karakter yang masih relevan bagi kehidupan sekarang. Sebagaimana dalam kitab hadis Arba’in An-Nawawi mencakup 18 aspek nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan paparan Kemendiknas, antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dengan ini konsep pendidikan karakter dalam kitab hadis Arba’in An-Nawawi karya Imam Nawawi memberikan kontribusi yang sesuai dengan pendidikan Islam di era 4.0. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana beliau memberikan contoh dalam mengelola serta mengemban amanah dan menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. Diantara pendidikan karakter dalam kitab hadis tersebut yaitu melandasi segala sesuatu dengan agama termasuk pengembangan ilmu pengetahuan (sains). Dengan bentuk “hablu minallah wa hablu minannas”.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Program Pascasarjana > Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | Abdul Hamid Musthofa |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 06:39 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8484 |
Actions (login required)
View Item |