Devi, Nur Sofia (2022) Pengembangan Media Papan Kartu Suku Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas 1a MI YPSM Tawangrejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604118_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932604118_bab1.pdf Download (249kB) |
|
Text
932604118_bab2.pdf Download (390kB) |
|
Text
932604118_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text
932604118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
932604118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Text
932604118_daftarpustaka.pdf Download (325kB) |
|
Text
932604118_suratpernyataan.pdf Download (135kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan Media Papan Kartu Suku Kata bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam membaca, serta membuat proses belajar membaca menjadi suatu hal yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (RnD). Penelitian dan pengembangan ini, menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima fase, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas 1A di MI YPSM Tawangrejo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media papan kartu suku kata dikatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya perolehan skor yang didapatkan, yaitu: 1) Mendapatkan skor persentase tertinggi sebesar 100% dan skor persentase terendah sebesar 78,18% dari 8 proses validasi pada ahli media, 2) Mendapatkan skor persentase 90,90% dari ahli materi, 3) Mendapatkan skor persentase 90,90% dan 98% dari angket respon guru dan angket respon siswa pada uji coba kelompok, 4) Mendapatkan skor persentase 92,72% dan 98,66% dari angket respon guru dan angket respon siswa pada uji coba lapangan, 5) Mendapatkan kategori tuntas pada tes tulis dengan rata-rata 87,50 dan 90,33 dari uji coba kelompok dan lapangan, dan 6) Berdasarkan output bagian ketiga dari Uji Paired Sample T-Test terhadap hasil nilai pretest dan posttest pada tes lisan, baik dalam uji coba kelompok maupun uji coba lapangan, dapat diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan kartu suku kata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 pada tema 8 subtema 1.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Sofia Devi |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:06 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8402 |
Actions (login required)
View Item |