Fitriani, Lailatul Ilmi Rosa (2023) Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMPN 1 Buduran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932413119_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932413119_bab1.pdf Download (390kB) |
|
Text
932413119_bab2.pdf Download (353kB) |
|
Text
932413119_bab3.pdf Download (398kB) |
|
Text
932413119_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) |
|
Text
932413119_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text
932413119_bab6.pdf Download (147kB) |
|
Text
932413119_Daftarpustaka.pdf Download (348kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi 01.pdf Download (256kB) |
Abstract
LAILATUL ILMI ROSA FITRIANI, Dosen Pembimbing Moh Zainal Fanani, M.Pd.I dan Siska Yulia Weny, M.Ak. Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 1 Buduran, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Supervisi Klinis, Profesionalisme Penelitian ini berjudul Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMPN 1 Buduran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus pelaksanaan supervisi klinis di SMPN 1 Buduran, implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMPN 1 Buduran, dan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi kepribadian profesional guru di SMPN 1 Buduran. Pendekaatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mendalami fenomena- fenomena yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata- kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme guru di SMPN 1 Buduran sudah menunjukkan hasil yang baik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan. Supervisi klinis di SMPN 1 Buduran lebih tergantung kepada kesiapan guru, maka dari itu jumlah guru yang disupervisi klinis mengalami perbedaan jumlah pada tiap tahunnya. Supervisi klinis yang ada di SMPN 1 Buduran ini mempunyai beberapa tahapan diantaranya, pertemuan awal yang bertujuan agar kepala sekolah dan guru bersama-sama mengembangkan kerangka kerja observasi kelas yang akan dilaksanakan; observasi kelas dengan mengamati proses pembelajaran secara sistematis dan objektif, dimana supervisor mengamati guru mengajar sebagaimana digariskan dalam RPP, aspek-aspek yang akan diobservasi harus sesuai dengan hasil diskusi antara kepala sekolah dan guru pada pertemuan awal; dan tahap akhir pada supervisi klinis adalah pertemuan balikan dengan tujuan utama pertemuan balikan ini adalah bersama-sama membahas hasil pengamatan proses belajar-mengajar yang dilakukan oleh kepala sekolah. Guru di SMPN 1 Buduran sudah memenuhi standar guru profesional yang sudah memenuhi empat kompetensi diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dalam meningkatkan kompetensi tersebut khususnya bagi guru baru di SMPN 1 Buduran salah satunya yaitu melalui supervisi klinis. Peningkatan yang dirasakan oleh guru yang sudah melakukan supervisi klinis adalah meningkatnya kompetensi profesional guru, yang dapat dilihat dari metode yang digunakan sangat bervariatif, mampu mengelola kelas dengan baik, mampu mengenal dan memahami karakter masing-masing peserta didik dengan baik dan mampu membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lailatul Ilmi Rosa Fitiriani |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:35 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8396 |
Actions (login required)
View Item |